Biaya Penyelenggaraan MotoGP Mandalika Capai Rp 143 Miliar

Biaya Penyelenggaraan MotoGP Mandalika Capai Rp 143 Miliar

Belum move on dari MotoGP Mandalika 2023? Perhelatan adu kecepaan balap motor tercepat di dunia ini berlangsung di Sirkuit Mandalika Lombok, Nusa Tenggara Barat pada 13-15 Oktober 2023. Fransesco Bagnaia menjadi yang tercepat disusul Maverick Vinales, dan Fabio Quartararo.

Perhelatan MotoGP Mandalika 2023 berjalan dengan lancar dan sukses. Tercatat lebih dari 109 ribu penonton menyaksikan langsung dari tribun sirkuit Mandalika. Jumlah penonton tahun 2023 lebih banyak dibandingkan tahun 2022 sebelumnya yang menjadi debut pertama Sirkuit Mandalika menjadi tuan rumah MotoGP.

Kira-kira berapa sih biaya penyelenggaraan MotoGP Mandalika tahun 2023 ini? Dorna Sports pemegang hak komersial MotoGP membebankan biaya sekitar 9 juta euro atau sekitar Rp 143 miliar untuk Indonesia setiap menyelenggarakan MotoGP termasuk di tahun 2023.

MotoGP Mandalika (Bola.net)

Biaya sebesar itu sudah mencakup beberapa hal terkait keperluan di MotoGP Mandalika seperti lisensi, hak cipta, hingga pengeluaraan selama MotoGP Mandalika berlangsung. Meskipun Indonesia harus membayar Rp 143 miliar, namun terkait pemasukan dari hak siar dan hak merchandise diberikan untuk Indonesia.

Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkiflimansyah mengatakan bahwa pemerintah setempat dan pemerintah Indonesia tidak pernah merasa keberatan dengan beban biaya yang harus dibayarkan sebagai biaya penyelenggaraan MotoGP di Mandalika. Hal itu karena perhelatan MotoGP Mandalika bisa membawa hal positif untuk Indonesia.

Sirkuit MotoGP ini berada bukan di Pulau Jawa melainkan di Nusa Tenggara Barat. Selama ini Indonesia terkenal dengan istilah Jawa Sentris. Maksudnya pembangunan belum sepenuhnya merata karena lebih banyak di wilayah-wilayah pulau Jawa saja. Nah, pemerintah pusah mencoba mencari lokasi lain di luar Jawa untuk dibangun sirkuit, sampai terpilih Mandalika di Lombok. Gebrakkan ini berhasil.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"