Selain Mandalika, Berikut 4 Sirkuit Balap di Indonesia yang Punya Keunikan

Selain Mandalika, Berikut 4 Sirkuit Balap di Indonesia yang Punya Keunikan

Sirkuit Mandalika menjadi sirkuit balap di Indonesia yang terbaik. Sirkuit Mandalika bahkan menjadi venue ajang MotoGP. Tak banyak orang tahu bahwa di Indonesia juga ada beberapa sirkuit balap lainnya dengan keunikkan tersendiri. Berikut beberapa sirkuit balap yang ada di Indonesia.

Sirkuit Internasional Sentul

Sirkuit Internasional Sentul atau Sirkuit Sentul berada di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Sirkuit ini menjadi sirkuit yang paling terkenal di Indonesia sebelum ada Sirkuit Mandalika. Sirkuit ini memiliki panjang 4,12 kilometer. Tadinya sirkuit ini dibangun untuk menjadi venue Formula 1 di tahun 1990-an.

Namun karena krisis moneter yang terjadi di Indonesia, akhirnya rencana itu dibatalkan. Beberapa kejuaraan balap mobil dan motor skala nasional dan regional pernah diselenggarakan di sirkuit ini. Sirkuit ini memiliki banyak fasilitas. Selain lintasan balap juga ada hotel, bungalow, dan restoran dalam satu kawasan. Pemandangan di sirkuit ini juga indah karena dekat dengan perbukitan daerah Sentul.

Sirkuit Balap di Indonesia Selain Mandalika (Tempo.co)

Sirkuit International E-Prix Jakarta

Sirkuit balap di Indonesia yang baru dikenal yakni Sirkuit International E-Prix Jakarta. Sirkuit ini dibangun untuk penyelenggaraan E-Prix atau Formula E. Gelaran pertama ajang balapan dilangsungkan pada tahun 2022. Bentuk sirkuit ini menarik dan unik karena mirip dengan sirkuit jalan raya.

Sirkuit ini dibangun dalam waktu singkat. Lokasi ini ada di kawasan kawasan Taman Impian Jaya Ancol, dekat dengan Pantai Ancol. Jumlah penonton yang bisa menyaksikan balapan di sirkuit ini sekitar 40 ribu penonton. Kehadian sirkuit ini juga bisa menambah wisatawan di tempat wisata seperti Ancol.

Sirkuit Gokart Boyolali

Sirkuit Gokart Boyolali berada di kawasan Mojosongo, Jawa Tengah. Sirkuit ini merupakan arena balap khusus gokart. Dibuka pada 12 Juni 2018, sirkuit ini didesain dengan standar internasional. Untuk pembangunan sirkuit ini memakan biaya Rp 3,6 miliar. Lokasi sirkuit ini strategis sehingga memudahkan orang untuk datang.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"