Tugas Marshal Sirkuit Balap MotoGP Nggak Gampang, Segini Gaji yang Didapatkan

Tugas Marshal Sirkuit Balap MotoGP Nggak Gampang, Segini Gaji yang Didapatkan

Marshal dalam ajang balap motor seperti MotoGP memiliki tanggung jawab yang besar. Tugas marshal sirkuit yang dijalankan dalam sebuah balapan tidak boleh dikesampingkan. Jika diperhatikan tugas marshal sirkuit antara lain berada di pinggir lintasan balap dan harus siap membantu pembalap jika si pembalap mengalami kecelakaan. 

Biasanya para marshal di sirkuit ini menempati tempat-tempat strategis dalam lintasan, misalnya berada di garis start dan finish, tikungan tajam, atau di bagian pitlane. Tugas dan fungsi marshal sirkuit ternyata terbagi atas beberapa bagian. Marshal sirkuit terbagi atas empat jenis, yakni Trackside Marshal, Flag Marshal, Starline Marshal, dan Pitlane Marshal. Berikut penjelasannya. 

Trackside Marshal

Trackside marshal adalah marshal yang memiliki tugas untuk membantu menjaga dan memastikan lintasan balap terbebas dari hal-hal yang bisa membahayakan pembalap, misalnya ada penonton masuk ke dalam lintasan, marshal harus mencegah kejadian seperti itu. 

Selain menjaga keamanan pembalap, Tugas marshal sirkuit ini juga membantu pembalap yang mengalami kecelakaan motor. Trackside Mmarshal harus mendekati pembalap dan menanyakan kondisi pembalap pasca alami kecelakaan. Kemudian trackside marshal harus melakukan evakuasi motor pembalap yang jatuh, misalnya dengan mendorong dan memasukkan ke pitlane.

Marshal ini juga bertugas untuk membersihkan sisa-sisa bagian motor yang jatuh di lintasan atau pinggir lintasan setelah kecelakaan, termasuk jika ada tumpahan dari oli motor. Trackside marshal ini memang harus sigap di pinggir lintasan.

Tugas Marshal Sirkuit Balap MotoGP Nggak Gampang, Segini Gaji yang Didapatkan (Pikiran Rakyat)

Flag Marshal

Tugas marshal sirkuit berikutnya adalah flag marshal. Marshal yang masuk dalam kategori ini memiliki tugas dengan memberikan sinyal atau tanda penting kepada para pembalap yang sedang melakukan balapan di lintasan. Misalnya saja jika terjadi kecelakaan atau sesuatu di lintasan yang membahayakan pembalap, mereka akan mengibarkan bendera berwarna kuning.

Jika lintasan sudah aman dan normal untuk menjalani balapan, maka flag marshal akan mengibarkan bendera dengan warna lainnya, yakni bendera warna hijau. flag marshal ini berada di pinggir lintasan. Ada juga flag marshal yang berada di garis finish yang ikut mengibarkan bendera ketika ada pembalap yang masuk garis finish pertama atau jadi juara. 

Starline Marshal

Marshal ini berada di awal balapan, tepatnya berdiri di garis start. Starline marshal ini bertugas sebagai pengibar bendera di garis start. Selain mengibarkan bendera, mereka juga harus memastikan bahwa semua pembalap sudah bergaris dengan start dengan benar. 

Jika ada pembalap yang belum berada dalam posisi yang benar maka mereka akan memberitahukan kepada pembalap. Kalau diperhatikan tugas starline marshal dan flag marshal ada kemiripan karena sama-sama memegang bendera ketika bertugas di balapan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"