Rekomendasi Olahraga untuk Wanita Menopause

Rekomendasi Olahraga untuk Wanita Menopause

Menopause merupakan siklus menstruasi yang sudah berakhir. Biasanya wanita memasuki masa menopause ketika usianya 45-55 tahun. Walaupun sudah menopause bukan berarti para wanita ini tidak bisa melakukan olahraga untuk menjaga kesehatan tubuh. Beberapa olahraga untuk wanita menopause bisa dilakukan.

Memang saat wanita memasuki masa menopause banyak perubahan hormon yang terjadi dan membuat suasana hati tidak nyaman. Tapi meskipun hormon tidak stabil para wanita yang memasuki masa menopause harus tetap olahraga. Sebab melakukan olahraga teratur bisa mengurangi hormon yang tak stabil dan membuat suasana hati jadi gembira. Apa saja olahraga yang cocok dilakukan?

Kardio

Olahraga kardio bisa menjadi alternatif. Olahraga ini memang melelahkan dan membakar banyak kalori tetapi jika terbiasa melakukannya membuah tubuh jadi sehat dan bugar. Beberapa olahraga kardio antara lain berenang, jogging, bersepeda, hingga latihan aerobik. Latihan kardio juga bisa menjaga detak jantung tubuh.

Olahraga untuk Wanita Menopause (RIAU1)

Latihan Kekuatan

Latihan kekuatan di rumah bisa jadi pilihan olahraga untuk wanita menopause. Melatih kekuatan khususnya bagian tulang sangat penting dan bisa mencegah terjadinya masalah pada tulang yang sering dialami orang tua yakni osteoporosis. Tak hanya menguatkan tulang latihan ini bisa meningkatkan metabolisme tubuh.

Yoga

Kemudian ada olahraga yoga. Banyak orang khususnya wanita melakukan yoga untuk membuat suasana hati menjadi tenang dan nyaman. Apalagi bagi orang yang memasuki menopause dimana hormon tidak stabil sehingga membutuhkan relaksasi.

Teknik relaksasi ini bisa membuat tenang saraf dengan memusatkan pikiran dan meringankan gejala-gejala dari menopause, salah satunya kondisi hot flashes, mudah marah, dan kelelahan. Lakukan yoga dengan rutin seminggu tiga kali. Dijamin masa-masa menopause bisa dilalui dengan senang hati.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"