Sehat Sampai Kakek Nenek, Ini Tips Bagi Lansia Untuk Jaga Kesehatan Fisik di Usia Senja

Sehat Sampai Kakek Nenek, Ini Tips Bagi Lansia Untuk Jaga Kesehatan Fisik di Usia Senja

Punya usia yang tak lagi muda, bukan berarti menjadikan seseorang untuk berhenti melakukan segala aktivitas yang biasa dilakukan saat masih muda. Terlebih, usia bukanlah patokan atau batasan seseorang untuk dapat beraktivitas atau tidak. Meski sudah lansia, penting untuk selalu menjaga kesehatan terutama kesehatan fisik.

Selain itu, memastikan kebutuhan nutrisi tercukupi bagi lansia jadi salah satu kunci agar kesehatannya terjaga. Spesialis penyakit dalam dr. Muhammad Alkaff, Sp.PD. mengatakan bahwa lansia jangan sampai mengalami obesitas atau pun terlalu kurus. Sebab, dua kondisi tersebut berpotensi menyebabkan lansia mudah terkena penyakit juga berbahaya saat beraktivitas.

"Kalau obesitas akan mudah menimbulkan masalah-masalah baru, gampang terpeleset, kemudian gampang patah tulang kalau terpeleset. Dengan over weight juga meningkatkan masalah jantung koroner,"

"Sebaliknya gizi yang kurang juga gampang terkena penyakit infeksi tertentu termasuk Covid," jelas dokter Alkaff dikutip dari siaran langsung radio kesehatan Kemenkes, Selasa (18/5/2021) lalu.

Ilustrasi Lansia Sehat (KlikDokter)

Secara alami, semakin tua usia seseorang, nafsu makan bisa jadi makin berkurang. Oleh karena itu, dokter Alkaff mengingatkan jangan sampai lansia mengalami kekurangan gizi hingga terlalu kurus. Protein termasuk sumber nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh lansia juga berbagai jenis vitamin biar nggak gampang sakit.

Lebih Lanjut dokter Alkaff mengatakan, lansia yang telah sulit makan bisa konsumsi suplemen vitamin untuk menopang asupan nutrisinya tercukupi.

"Suplemen yang perlu vitamin C, harus kita suplai dan pastikan masuk ke dalam konsumsi tubuhnya. Kemudian kalau lansia ada penyakit tertentu itu harus dikontrol dengan baik periksa ke dokter dan disuplai obat-obatan secara baik," imbuhnya.

Olahraga tetap perlu dilakukukan untuk sekadar melatih otot. Cukup lakukan olahraga ringan dan disesuaikan dengan kemampuan fisik lansia, kata dokter Alkaff.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"