Profil Red Sparks Korea, Klub Voli yang Diperkuat Megawati Hangestri

Profil Red Sparks Korea, Klub Voli yang Diperkuat Megawati Hangestri

Setelah Megawati Hangestri memperkuat klub voli Korea Selatan Red Sparks pasti publik Indonesia bertanya-tanya terkait profil klub tersebut. Sebenarnya Red Sparks memiliki nama lengkap sebagai klub voli di Korea Selatan yakni Daejeon JunKwangJang Red Sparks namun banyak orang menyingkatnya dengan Red Sparks.

Klub ini berdiri pada tahun 1988. Tetapi saat pertama kali didirikan namanya tidak langsung Red Sparks melainkan Korea Monopoly Corp. Setahun kemudian namanya berubah menjadi Korea Tobacco & Ginseng Corp selama 12 tahun. Tahun 2002 nama klub ini diubah lagi menjadi KT&G, lalu tahun 2004 menjadi Daejeon KT&G Ariels sampai 2009, Daejeon Korea Ginseng Corp dari tahun 2010-2022. Barulah pada tahun 2022 menjadi Daejeon JungKwanJang Red Sparks.

Sejarah klub ini cukup panjang karena bergonta-ganti nama. Perubahan nama klub terkait dengan sponsor klub yang tiap tahun berbeda-beda. Saat ini Red Sparks memiliki sponsor perusahaan ginseng Korea yang cukup terkenal, JungKwanJang. Perusahaan ini bisa dibilang nomor satu di Korea dalam produksi ginseng.

Profil Klub Red Sparks (BolaSport.com)

Sejak berdiri tahun 1988 Red Sparks sempat tertatih-tatih dalam kompetisi voli di Korea. Kesuksesan Red Sparks baru muncul di awal tahun 2000-an. Puncaknya ketika klub ini menjadi juara V-League untuk yang pertama kalinya tahun 2001. Kemudian klub berjuang untuk mempertahankan gelar juara dan bertahan selama 7 tahun hingga musim 2008.

Roda berputar pun membuat Red Sparks mulai tak stabil dan prestasi menurun. Selama beberapa tahun Red Sparks berjuang merebut gelar juara V-League namun gagal bersaing. Barulah pada tahun 2022, Red Sparks kembali bangkit dan jadi juara V-League. Saat ini klub ini mendapatkan sorotan karena harus mempertahankan gelar.

Makanya manajemen klub memperkuat pemain-pemain salah satunya menarik pemain dari luar Korea. Ada dua pemain dari luar Korea di Red Sparks yakni Megawati asal Indonesia dan Giovanna Milana yang berasal dari Amerika Serikat namun punya darah keturunan Italia. Keduanya menjadi bintang baru di Red Sparks.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"