Patut Dicoba! Ini 4 Cara Mudah Mencegah Perut Kram Saat Olahraga, Salah Satunya Atur Jam Makan

Patut Dicoba! Ini 4 Cara Mudah Mencegah Perut Kram Saat Olahraga, Salah Satunya Atur Jam Makan

Apakah kamu pernah merasakan kram perut  setelah melakukan olahraga  khususnya lari? Kondisi kram perut ini memang menjadi masalah yang sering dihadapi saat olahraga. Tentu saja, hal ini akan mengganggu proses olahraga yang kamu lakukan. Oleh karena itu, sebelum merasa sakit, disarankan untuk melakukan pencegahan. Berikut cara mudah mencegah kram perut saat olahraga!

1. Jangan Makan dan Minum 2 jam Sebelum Olahraga

Salah satu cara mencegah kram perut adalah mengatur waktu makan lebih awal, misalnya 3 hingga 4 jam sebelum olahraga. Jeda terpendek yang diperbolehkan antara makan dan olahraga adalah 2 jam. Hal ini agar tubuh tidak mengalami kram yang menyebabkan perut sakit saat olahraga. Disarankan pula untuk minum dalam jumlah kecil tetapi sering, setidaknya 15 hingga 20 menit sekali saat berolahraga untuk mencegah dehidrasi.

2. Melakukan Peregangan Otot

Foto: Mencegah kram perut (SehatQ)

Untuk mencegah kram perut saat olahraga kamu perlu melakukan peregangan otot atau pemanasan. Pasalnya salah satu penyebab sakit perut saat olahraga adalah kurangnya pemanasan sebelum berlari, sehingga otot perut berkontraksi. Ketika itu terjadi, cobalah perlambat lari kamu sambil melakukan peregangan. Tapi tidak hanya untuk kaki saja, kamu juga perlu melakukan pemanasan meliputi batang tubuh seperti perut, sehingga otot-otot perut serta jaringan ikat dalam perut dapat meregang sebelum berlari.

3. Tingkatkan intensitas olahraga sedikit demi sedikit

Kram perut jarang kambuh jika kamu melakukan olahraga dengan intensitas yang tidak terlalu berbeda jauh dengan yang biasa kamu lakukan. Kalau kamu tidak pernah berolahraga, kemudian tiba-tiba memulai olahraga dengan intensitas tinggi, maka kondisi ini akan membuat kamu lebih rentan untuk mengalami kram perut. Jadi, disarankan untuk melakukan olahraga perlahan terlebih dahulu sambil mempersiapkan tubuh untuk beradaptasi dengan aktivitas baru.

4. Hindari Minuman Hipertonik Sebelum Olahraga



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"