Jangan Dianggap Sepele, Ini 5 Penyebab Kram Perut Pada Wanita Selain Haid, Nomor 3 Bisa Sebabkan Kematian

Jangan Dianggap Sepele, Ini 5 Penyebab Kram Perut Pada Wanita Selain Haid, Nomor 3 Bisa Sebabkan Kematian

Beberapa dari kamu mungkin pernah mengalami kram perut  saat haid  atau menstruasi . Rasa nyeri selama menstruasi dianggap sebagai hal yang normal. Kram perut ini terjadi karena konstraksi di dalam rahim yang dipicu oleh hormon prostaglandin, yang kadarnya akan meningkat tepat sebelum menstruasi dimulai.

Akan tetapi, jika rasa sakit yang kamu alami terasa berlebihan, bahkan sampai membuat kamu kesulitan untuk beraktivitas di luar masa menstruasi, bisa jadi kram perut ini diakibatkan oleh penyebab lain. Sebaiknya, kamu tidak menganggap sepele hal ini karena kemungkinan menjadi pertanda adanya masalah kesehatan wanita lainnya yang lebih serius. Berikut ini 5 penyebab kram perut selain haid. Scroll sampai habis ya!

1.    Kista ovarium

Kista ovarium merupakan kantung kecil berisi cairan yang terbentuk di ovarium. Penyakit ini bisa menjadi salah satu penyebab kram perut bagian bawah di luar masa menstruasi. Kram perut karena kista tidak hanya terasa saat masih tumbuh atau bertahan dalam ovarium, tapi juga saat kista pecah. Adapun ciri-ciri kram perut karena kista ovarium akan lebih tajam di kedua sisi perut bawah, terutama di area bawah pusar. Area perut juga terasa kembung dan penuh. Lalu, terasa nyeri di pinggul dan bagian paha.

2.    Endometriosis

Foto: Penyebab Kram Perut (Alodokter)

Penyebab kram perut lainnya yang perlu diwaspadai adalah endometriosis. Ini merupakan kondisi saat jaringan yang melapisi rahim (endometrium) tumbuh dan menumpuk pada organ lain di luar rahim. Normalnya, endometrium akan menebal menjelang masa ovulasi agar calon janin dapat menempel pada rahim jika terjadi pembuahan.

Jika tidak ada pembuahan, endometrium ini akan luruh bersama darah menstruasi. Tapi saat mengalami endometriosis, jaringan dinding rahim yang meluruh tersebut tidak keluar melalui vagina, tetapi mengendap di sekitar organ reproduksi wanita. Endapan ini lah yang lama kelamaan akan menyebabkan peradangan, kista atau jaringan parut.

Sementara itu, ciri-ciri kram perut akibat endometriosis adalah timbulnya rasa nyeri atau kram pada punggung serta perut bagian bawah. Mengalami mual, muntah, hingga diare. Nyeri saat berhubungan seksual serta nyeri saat buang air kecil dan besar.

3.    Kanker ovarium

Rasa kram perut akibat kanker ovarium sering disalahartikan sebagai mulas karena sembelit atau perut kembung. Namun, kram perut ini lebih terasa di bagian perut bawah dan bertahan cukup lama. Adapun ciri-ciri kram perut yang menandai kanker rahim atau ovarium, yaitu terdapat masalah pada kandung kemih serta adanya rasa nyeri pada area panggul dan perut. Kanker ovarium ini merupakan salah satu jenis kanker penyebab kematian terbesar pada wanita.

4.    Fibroid Rahim



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"