Mau Kayak Raffi Ahmad Lari Maraton Sejauh 42 Km? Cek Dulu Persiapan yang Harus Dilakukan

Mau Kayak Raffi Ahmad Lari Maraton Sejauh 42 Km? Cek Dulu Persiapan yang Harus Dilakukan

Raffi Ahmad ikut ajang lari maraton New York Marathon sejauh 42 kilometer. Pencapaian ini tentu membuat banyak orang ikut bangga. Tentu Raffi melakukan persiapan sebelum lari maraton. Nah, tentu tidak sedikit pemula yang ingin mengikuti keberhasilan suami Nagita Slavina tersebut. Apa saja yang harus dilakukan?

Waktu Persiapan

Untuk mengikuti lari maraton waktu persiapan latihan harus ditentukan. Waktu sekitar 12 minggu sampai 20 minggu sebelum waktu lari berlangsung dianggap sebagai lama latihan yang cukup. Pelari maraton harus melakukan latihan lari sejauh  minimal sampai 80 km setiap minggunya.

Seminggu Tiga Kali Latihan

Tentu waktu persiapan selama 12 minggu – 20 minggu tidak dilakukan setiap hari. Cobalah latihan seminggu tiga kali untuk berlatih. Metode latihan mulai dari lari santai dengan kecepatan stabil. Latihan ini bisa membantu membangun ritme lari yang stabil sehingga saat lari maraton ritme itu bisa dimunculkan.

Raffi Ahmad Lari Maraton (Kompasiana.com)

Mengatur Istirahat

Fokus latihan lari maraton biar kayak Raffi Ahmad boleh-boleh saja, tapi jangan melupakan yang namanya istirahat. Waktu istirahat yang cukup sangat penting setelah lelah latihan yang keras. Sebab tubuh harus merilekskan otot tubuh setelah dipakai latihan lari yang intens. Cukup tidur selama 8 jam sehari.

Pola Makan

Latihan sudah, istirahat juga jangan dilupakan. Nah persiapan dengan mengatur pola makan juga jangan disepelekan. Banyak konsumsi cairan dan makanan. Minum air putih yang banyak mulai dari seminggu sebelum lari maraton dimulai karena bisa mencegah terjadinya dehidrasi saat lari maraton.

Untuk makanan cobalah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti roti, nasi, pasta, dan sayuran bertepung. Dengan konsumsi banyak karbohidrat bisa memaksimalkan simpanan energi. Jangan sekali-sekali mencoba makanan-makanan yang baru dalam masa persiapan lari maraton.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"