Kisah Eks Pelatih Timnas Vietnam Philippe Troussier Menjadi Mualaf

Kisah Eks Pelatih Timnas Vietnam Philippe Troussier Menjadi Mualaf

Philippe Troussier, mantan pelatih Timnas Vietnam memutuskan untuk mualaf. Keputusannya masuk agama Islam dilakukan pada tahun 2016 lalu. Momen itu terjadi ketika Troussier tinggal di Maroko, negara di Afrika yang mayoritas penduduknya beragama Islam.

Saat tinggal di Maroko, pria asal Prancis tersebut mendapatkan ketenangan saat mendalami agama Islam. Selain mualaf, Troussier sudah mendapatkan nama Islam yakni Omar. "Awalnya, aku tak mau menunjukkan apapun soal agamaku dan keluargaku karena aku ingin menjaga perasaanku sendiri,” ujar Troussier kepada Muslim Obsesion.

Troussier tak sendiri karena istrinya Dominique ikut mualaf dan mendapatkan nama Islam yakni Amina. Keputusan Troussier dan istrinya mualaf juga mendapat sorotan dari media di tanah kelahirannya Prancis, L’Opion.

Mantan Pelatih Timnas Vietnam Mualaf (Bola.okezone.com)

Troussier baru saja dipecat menjadi pelatih timnas Vietnam. Pemecatan tersebut imbas dari kekalahan timnas Vietnam dari timnas Indonesia dengan skor 0-3. Kekalahan itu semakin membuat Vietnam sulit untuk lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Padahal Troussier sempat dikenal sebagai pelatih yang hebat. Namun setelah ia melatuh Vietnam, tangan dinginnya sebagai pelatih tidak terlihat lagi. Misalnya saat tampil di Piala Asia 2023, Vietnam hanya menjadi juru kunci dan tidak lolos ke babak 16 besar.

Turnamen perdana Troussier adalah saat membawa timnas U-23 Vietnam di ajang Sea Games 2023 Kamboja. Kala itu Vietnam gagal masuk ke final karena dikalahkan secara dramatis oleh Timnas Indonesia dengan skor 3-2.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"