Permalukan Timnas Vietnam, Ranking FIFA Indonesia Melesat Naik

Permalukan Timnas Vietnam, Ranking FIFA Indonesia Melesat Naik

Ranking timnas Indonesia  di FIFA naik empat peringkat setelah mengalahkan Vietnam di babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Selasa 26 Maret 2024 lalu dengan skor 0-3. Saat ini timnas Indonesia menduduki peringkat ke-135 dunia dengan koleksi poin 1,102.70.

Hasil  positif itu membuat timnas menyalip negara-negara seperti Kuwait, Lithuania, Latvia, dan Nikaragua. Sebelumnya timnas juga naik peringkat dari 142 ke-139 dunia seusai menang lawan Vietnam di laga pada Kamis 21 Maret 2024 dengan skor 1-0.

Torehan dua kemenangan timnas membawa angin segar. Indonesia bahkan tidak kebobolan dalam dua pertandingan dan berhasil menciptakan 4 gol ke gawang Vietnam. Kemenangan anak asuh Shin Tae-yong ini dijadikan modal penting untuk menghadapi dua laga sisa lawan Irak dan Filipina, dimana keduanya Indonesia menjadi tuan rumah.

Ranking FIFA Timnas Indonesia (Kompas.id)

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion My Dinh Hanoi, timnas Indonesia sejak menit awal terus mendapat serangan dari pemain Vietnam yang menguasai bola. Namun Asnawi Mangkualam bermain sangat efektif. Timnas Indonesia sabar dalam bermain dan mencoba melakukan serangan balik.

Strategi itu berhasil di babak pertama. Pemain Jay Idzes mencatatkan namanya di papan skor setelah membuat tim tamu unggul 0-1 setelah memaksimalkan umpan tendangan sudut dari Thom Haye. Penampilan pemain naturalisasi ini di dua pertandingan memang sangat cemerlang dan cepat beradaptasi.

Ragnar Oratmangoen pun tak mau ketinggalan untuk mencetak gol. Lewat soloran di sisi pertahanan Vietnam, pemain itu berhasil menambah keunggulan Indonesia dengan skor 0-2. Timnas Vietnam semakin sulit berkembang dan semakin menunjukkan kepanikan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"