Jenis Olahraga yang Cocok untuk Penderita Diabetes

Jenis Olahraga yang Cocok untuk Penderita Diabetes

Bagi penderita diabetes atau sakit gula harus menjaga pola hidup, mulai dari menjaga asupan makanan dan minuman, waktu istirahat yang cukup, hingga soal olahraga. Olahraga untuk penderita diabetes bisa dilakukan dengan rutin. Dengan olahraga maka kadar gula dalam darah tetap terjaga dengan baik.

Ketika penderita diabetes berolahraga maka otot akan berkontraksi demi merangsang mekanisme pengguna glukosa. Mekanisme bisa membuat sel-sel dalam tubuh mengambil glukosa dan mengubah jadi energi sehingga bisa dipakai sebagai tenaga untuk melakukan aktivitas fisik.

Memang tidak semua olahraga cocok bagi penderita diabetes. Pilihlah olahraga-olahraga yang cukup ringan namun bisa membakar kalori dengan baik. Berikut ada beberapa olahraga yang direkomendasikan untuk penderita diabetes. 

Olahraga untuk Penderita Diabetes (GOLANSIA)

Jalan Cepat

Olahraga untuk penderita diabetes adalah jalan cepat. Olahraga ini bisa dilakukan pada pagi hari sembari menghirup udara yang segar. Jalan cepat juga punya manfaat agar sirkulasi darah menjadi lancar dan menormalkan denyut jantung. Cobalah melakukannya setiap hari minimal 30 menit. 

Senam Diabetes

Senam diabetes ini adalah senam khusus penderita diabetes. Senam ini bisa membuat metabolisme tubuh terjaga sekaligus penyerapan insulin berjalan lancar. Senam diabetes bisa dilakukan dengan posisi berdiri, duduk, atau tidur.

Caranya dengan menggerakkan kaki dan sensi kaki, misalnya saat berdiri dengan kedua tumit coba diangkat lalu mengangkat dan menurunkan kaki. Gerakan senam juga bisa dicoba dengan meluruskan jari-jari kaki. Senam diabetes ini bisa teratura dilakukan setiap hari di rumah.

Yoga

Sama seperti senam diabetes, yoga bisa dilakukan di rumah. Melakukan yoga bersama anggota keluarga membuat aktivitas jadi semangat. Yoga untuk penderita diabetes agar menghindari dari stres, melaan resistensi insulin, memperbaiki saraf, dan mengontrol kadar gula darah.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"