Jenis-jenis Servis dalam Voli dan Teknik Melakukannya

Jenis-jenis Servis dalam Voli dan Teknik Melakukannya

Dalam olahraga voli terdapat berbagai pukulan salah satunya servis. Dalam melakukan servis voli harus mengetahui teknik agar bisa melakukan servis voli dengan baik dan lancar. Jenis servis voli terdiri atas tiga pukulan yakni servis atas, servis bawah, dan servis lompat atau jump servis. Lalu bagaimana penjelasan soal tenik melakukan servis-servis tersebut?

Servis Atas

Servis atas merupakan servis yang paling banyak dilakukan pemain voli. Untuk melakukan servis atas ini sikap awal adalah pemain yang siap servis berada di posisi 1 dan mengambil posisi servis di luar garis belakang. Perhatikan tubuh harus dalam keadaan tegak dan pandangan mata fokus dengan bola.

Kaki kiri dilangkahkan ke depan dan bersamaan dengan tangan memegang bola lalu dilemparkan ke atas dan dipukul memakai jari tangan dalam posisi rapat. Bola yang dipukul servis atas harus dengan tenaga yang kuat supaya bisa sampai ke daerah lawan. Setelah melakukan servis maka posisi tubuh harus kembali siap menerima serangan dari lawan.

Servis Voli (Detikcom)

Servis Bawah

Meskipun jenis servis voli  ini jarang dilakukan pemain namun masih ada pemain yang melakukan teknik servis ini. Untuk melakukan servis bawah seorang pemain harus berdiri dengan kaki kiri ke depan dan kaki kanan di belakang. Bola dipegang dengan tangan kiri. Lambungkan bola setinggi bahu. 

Saat bersamaan ayunkan lengan kanan ke belakang dan memukul bola dengan tangan kanan. Agar bola dipukul dengan benar maka telapak tangan harus menghadap kea rah bola dengan posisi mengepal. Setelah bola dipukul diteruskan dengan melangkah kaki kanan ke depan. Kemudian posisi tubuh harus siap kembali untuk menerima serangan dari lawan.

Servis Lompat



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"