Istilah dalam Bola Voli yang Wajib Diketahui, Beserta Tips untuk Melakukannya

Istilah dalam Bola Voli yang Wajib Diketahui, Beserta Tips untuk Melakukannya

Bola voli merupakan olahraga yang banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia. Makanya istilah dalam bola voli harus diketahui dulu sebelum memulai untuk melakukan permainan bola voli. Istilah-istilah dalam bola voli terdiri dari beberapa jenis pukulan yang ada dalam olahraga bola voli tersebut. 

Servis

Servis adalah salah satu dasar dalam bola voli. Permainan bola voli selalu dimulai dengan proses servis. Teknik servis dalam bola voli awalnya digunakan untuk bertahan, namun makin lama servis juga bisa digunakan untuk menyerang lawan. Bila servis dilakukan dengan tepat, maka tim lawan akan sulit mengembalikan servis dan mendatangkan poin untuk tim yang melakukan servis.

Dalam bola voli terdapat beberapa jenis servis, yakni servis bawah dan atas. Untuk servis bawah, caranya memegang bola pada tangan kiri. Lalu bola dilambungkan setinggi bahu. Pada saat bersamaan ayunkan tangan kanan ke belakang kemudian memukul bola. Saat bola dipukul, usahakan bola tepat pada tangan dan telapak tangan menghadap ke arah bola. Pukulan dilakukan dengan tangan yang mengepal.

Kemudian untuk servis atas langkah yangd ilakukan dengan melambungkan bola ke atas kemudian dipukul di atas kepala dan melewati net dan jatuh ke daerah lawan. Servis atas biasanya dilakukan dengan sangat keras karena bertujuan untuk mendapatkan poin dengan tujuan lawan tidak bisa mengembalikan servis tersebut. 

Istilah dalam Bola Voli yang Wajib Diketahui (Bola Voli)

Smash

Istilah dalam bola voli yakni smash dalam bola voli mirip dengan olahraga bulutangkis. Smash adalah memukul bola dengan keras dan melewati bagian atas net ke daerah pertahanan lawan. Cara untuk melakukan smash dalam bola voli adalah dengan telapak tangan dan dipukul sambil melompat. 

Untuk mendapatkan smash yang menukik harus dilakukan memukul bola di bagian atas. Smash yang dilakukan dengan benar membuat pukulan bola akan keras, menukik, dan jatuh di pertahanan lawan sehingga pemain lawan akan merasa kesulitan untuk mengembalikan smash tersebut.

Diving 

Diving atau dike adalah teknik bola voli untuk memukul bola dengan mengembalikan bola hasil servis atau smash. Biasanya pemain yang melakukan diving berasal dari tim yang sedang bertahan. Diving dilakukan untuk mencegah bola smash atau servis tidak jatuh ke lapangan atau pertahanan sendiri, sekaligus untuk menjaga bola supaya tetap ada di permainan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"