Bukan Cuma Iseng, Alasan Pemain Sepak Bola Sengaja Muntahkan Air yang Diminumnya di Pinggir Lapangan

Bukan Cuma Iseng, Alasan Pemain Sepak Bola Sengaja Muntahkan Air yang Diminumnya di Pinggir Lapangan

Bagi kamu penggemar sepak bola , pasti sering melihat para pemain sedang melakukan istirahat sejenak di pinggir lapangan dan mengambil sebuah botol minum. Kemudian pemain tersebut meminum namun kemudian dimuntahkan lagi minuman tersebut. Sudah tahu belum apa alasan pemain sepak bola melakukan hal itu?

Yang dilakukan pemain tersebut disebut carb rinsing. Carb rinsing dalam bahasa Indonesia memiliki arti yakni pembilasan karbohidrat. Sebenarnya cairan yang dimuntahkan pemain itu bukan air putih biasa, melainkan cairan khusus yang didalamnya mengandung karbohidrat.

Carb rinsing ini dilakukan dengan metode yang cukup mudah. Caranya cukup berkumur dengan cairan karbohidrat tersebut selama 5 sampai 10 detik saja, setelah itu cairan tersebut dimuntahkan dan dibuang. Sebenarnya apa tujuan pemain sepak bola melakukan carb rinsing?

Bukan Cuma Iseng, Alasan Pemain Sepak Bola Sengaja Muntahkan Air yang Diminumnya di Pinggir Lapangan (Suara.com)

Dilansir dari Grid, carb rinsing memiliki manfaat yang penting bagi pemain sepak bola yang sedang bertanding. Sebab carb rinsing bisa meningkatkan kinerja pemain saat sedang berlari lebih cepat dan menendang lebih keras di atas lapangan hijau. Hal itu terjadi karena reseptor karbohidrat yang ada di dalam mulut tela mengaktifkan area tertentu di otak.

Carb rinsing juga memiliki pengaruh besar pada peningkatan motorik organ tubuh sehingga para atlet bisa melakukan konsentrasi meskipun tingkat kelelahan mulai muncul saat bertanding. Tak dipungkiri ketika kelelahan muncul membuat pemain sudah tidak fokus bermain.

Tak hanya untuk membuat permainan lebih prima, bagi kesehatan si pemain, melakukan carb rinsing juga bisa memperlancar masalah pencernaan. Itu terjadi karena minum air saat kelelahan sebenarnya bisa membuat bagian perut pemain jadi kram dan mempengaruhi permainan, sehingga carb rinsing dilakukan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"