Arti Warna Bendera MotoGP, Ada 11 Jenis dan Dikibarkan Saat Balapan

Arti Warna Bendera MotoGP, Ada 11 Jenis dan Dikibarkan Saat Balapan

MotoGP tidak hanya menampilkan kemampuan pembalap. Sering juga para marshal yang mengibarkan banyak bendera selama balapan di sirkuit. Tahu nggak apa saja arti warna bendera MotoGP yang sering dikibarkan oleh marshal di pinggir lintasan, Paragram merangkum 11 warna bendera dengan motif dan artinya.

Warna Bendera Putih

Warna bendera putih menandakan bahwa semua pembalap harus segera mengganti motor dengan ban yang sesuai dengan kondisi cuaca saat balapan. Biasanya bendera putih akan dikibarkan marshal ketika mendadak sirkuit diguyur hujan.

Warna Bendera Putih dengan Garis Merah

Warna bendera ini biasanya penegasan bagi semua pembalap. Warna bendera putih dengan garis merah mengartikan bahwa seluruh lintasan balap sudah dalam keadaan basah karena guyuran hujan. Hal ini juga menandakan pembalap untuk selalu berhati-hati. 

Warna Bendera Kuning

Kuning dalam warna bendera MotoGP juga menjadi tanda bahwa dalam balapan ada pembalap yang mengalami kecelakaan. Atas kejadian tersebut membuat pembalap lain harus berusaha mengurangi kecepatan dan berhati-hati di lintasan.

Warna Bendera Biru

Jika marshal sirkuit mengibarkan bendera warna biru ini adalah sebuah tanda seorang pembalap akan di-over lap oleh pembalap lainnya. Maka pembalap itu harus memberikan jalan kepada pembalap di belakangnya untuk melewatinya.

Arti Warna Bendera MotoGP, Ada 11 Jenis dan Dikibarkan Saat Balapan (SINDOnews)

Warna Bendera Hijau

Sementara warna bendera hijau dalam MotoGP adalah sinyal bahwa balapan bisa kembali dilakukan dengan normal. Biasanya warna bendera hijau dikibarkan setelah beberapa marshal mengurus kecelakaan yang dialami oleh pembalap.

Warna Bendera Hitam

Jika ada bendera dengan warna hitam dikibarkan, maka ini merupakan sinyal bahwa ada pembalap yang mendapatkan hukuman atau diskualifikasi. Biasanya pembalap terpaksa didiskualifikasi karena mengalami kesalahan yang cukup besar atau melanggar aturan balapan. 

Warna Bendera Putih

Arti warna bendera MotoGP selanjutnya, adalah warna bendera putih. Sebelum marshal mengibarkan bendera hitam, biasanya bendera putih akan dikibarkan di tengah balapan sebagai tanda seseorang pembalap diberikan peringatan karena dianggap melakukan kesalahan.

Warna Bendera Hitam dengan Lingkaran Oranye

Warna bendera hitam dengan lingkaran oranye, menandakan bahwa seseorang pembalap mengalami masalah mekanik pada motornya. Sehingga hal itu membuat tim mekanik di pitlane bisa segera mendatangi motor yang alami kerusakkan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"