5 Tips Lakukan Olahraga Kardio Saat Berpuasa

5 Tips Lakukan Olahraga Kardio Saat Berpuasa

Olahraga kardio menjadi salah satu pilihan yang dilakukan orang ketika sedang berpuasa. Meski berpuasa bukan berarti jadi malas olahraga bukan? Olahraga kardio bermanfaat untuk meningkatkan organ jantung dan paru-paru. Olahraga kardio juga bisa membantu seseorang menurunkan berat badan. Lalu bagaimana tips olahraga kardio saat berpuasa?

Beberapa contoh olahraga kardio yang bisa dilakukan saat berpuasa adalah jogging, bersepeda, dan berenang. Ketiga jenis olahraga itu bisa dilakukan di luar rumah atau outdoor. Sementara untuk kamu yang mau melakukan olahraga kardio di dalam rumah atau indoor bisa melakukan gerakan seperti jump rope atau lompat tali, burpees, hingga melakukan plank.

Disarankan saat berpuasa tetap menjaga kebugaran tubuh dengan olahraga kardio. Beberapa catatan harus diperhatikan bagi orang yang akan melakukan olahraga kardio saat berpuasa. Jangan sampai, terlalu semangat melakukan olahraga malah tubuh jadi lemas akibat puasa. Berikut 5 tipsnya.

Tips Olahraga Kardio Saat Berpuasa (Kompas Lifestyle)

Pilih Jenis Kardio yang Ringan

Tips olahraga kardio saat berpuasa yang pertama adalah memilih olahraga yang ringan dan tidak dengan intensitas yang berat. Sebab jika melakukan kardio yang berat bisa menyebabkan tubuh menjadi lemas. 

Maka lakukan olahraga kardio yang ringan-ringan saja, semisal jogging atau berjalan kaki. Boleh Saja melakukan olahraga kardio yang intensitas berat selama dilakukan setelah berbuka puasa atau malam hari.

Tentukan Waktu Olahraga

Mengatur waktu olahraga saat berpuasa juga jadi modal penting. Beberapa waktu bisa dipilih untuk melakukan olahraga saat berpuasa. Misalnya olahraga satu jam sebelum berbuka puasa. Olahraga di sore hari ini bisa dilakukan dengan melakukan olahraga kardio yang cukup ringan. 

Kemudian waktu berikutnya adalah olahraga setelah buka puasa atau malam hari. Olahraga kardio setelah buka puasa bisa dilakukan dengan intensitas yang cukup berat karena tubuh sudah mendapatkan asupan usai berbuka puasa.

Satu lagi waktu olahraga yang cocok dilakukan saat berpuasa adalah pada pagi hari atau beberapa saat setelah sahur. Lakukan olahraga sekitar jam 5 pagi. Jangan memilih olahraga kardio yang berat karena bisa menyebabkan tubuh jadi lemas sementara waktu berbuka puasa masih sangat lama.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"