5 Stadion Bersejarah di Indonesia yang Cuma Tinggal Kenangan

5 Stadion Bersejarah di Indonesia yang Cuma Tinggal Kenangan

Banyak stadion sepak bola di Indonesia yang berdiri sejak puluhan tahun lalu. Stadion bersejarah di Indonesia tersebut ada yang masih berdiri kokoh namun beberapa di antaranya sudah berubah fungsi menjadi tempat lainnya. Ini 5 stadion bersejarah di Indonesia yang sempat menjadi kandang klub sepak bola.

Stadion Lebak Bulus

Dari namanya saja stadion ini berada di Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Stadion Lebak Bulus memiliki kapasitas yang tidak terlalu besar, sekitar 12.500 penonton. Stadion ini dulunya menjadi kandang bagi klub Pelita Jaya dan Persija Jakarta. Selain menjadi venue sepak bola, Stadion Lebak Bulus juga jadi tempat acara musik seperti pentas seni atau pensi sekolah di Jakarta.

Sayangnya Stadion Lebak Bulus ini sudah tidak lagi menjadi stadion sepak bola. Terakhir Persija Jakarta menggunakan stadion pada tahun 2009 dan kemudian pindah ke Stadion Gelora Bung Karno. Bangunan stadion ini sudah dihancurkan karena menjadi bagian dari proyek transportasi MRT di Jakarta.

Stadion Bersejarah di Indonesia (Good News From Indonesia)

Stadion Menteng

Stadion bersejarah di Indonesia selanjutnya adalah Stadion Menteng atau Stadion Persija. Stadion di Jakarta Pusat ini berdiri pada tahun 1921 dan menjadi salah satu stadion tertua di Indonesia. Stadion Menteng menjadi kandang bagi klub Persija Jakarta di era perserikatan tahun 1980-an. 

Pada tahun 2000-an stadion berkapasitas 10.000 penonton dipugar dan diubah jadi Taman Menteng. Persija Jakarta pun pindah kandang ke Stadion Lebak Bulus. Kini Taman Menteng menjadi salah satu tempat olahraga bagi warga Jakarta.

Stadion Gelora 10 November 

Stadion Gelora 10 November di Surabaya, Jawa Timur menjadi salah satu stadion besar di Indonesia. Stadion yang dikenal dengan nama lain yakni Stadion Tambaksari ini menjadi kandang dari klub Persebaya Surabaya dan Mitra Surabaya pada tahun 1990-an. Para suporter Bonek selalu memenuhi tribun stadion kala tim kesayangan mereka bertanding.

Memang bangunan stadion masih kokoh dan jadi venue pertandingan sepak bola. Meskipun di Surabaya ada Stadion Gelora Bung Tomo namun stadion bersejarah ini akhirnya jalani renovasi dan masih digunakan untuk beberapa pertandingan sepak bola.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"