Amuba Tuh Girlband Waria Pertama di Indonesia yang Gak Boleh Kita Sepelekan~!

Amuba Tuh Girlband Waria Pertama di Indonesia yang Gak Boleh Kita Sepelekan~!

Waktu masih sekolah dulu, kita pernah belajar tentang hewan kecil bernama amoeba. Hewan itu kecil banget, jadi harus dilihat pake mikroskop.

Meskipun kecil banget, hewan itu punya kemampuan super: bisa membelah diri! Tapi itu kan amoeba, beda halnya dengan Amuba yang perlu kamu ketahui saat ini.

Amuba, girlband waria pertama di Indonesia (Instagram @amuba_official2018)

Amuba yang perlu kamu tau adalah sebuah grup musik. Namun, girlband ini spesial banget karena memiliki anggota sekumpulan waria. Mereka adalah Tamara Pertamina, Jessica Ayu, Vanessa Moriz, dan Nike Faradila.

Band ini pertama kali dibentuk tahun 2012 lalu. Inisiatornya adalah Tamara Pertamina. Girlband ini dibentuk dengan tujuan untuk membuat sebuah terobosan baru.

Ya, soalnya selama ini waria kan lekat dengan anggapan bahwa mereka punya profesi sebagai pengamen. Gak jarang juga jadi pekerja seks komersial (PSK). Makanya, hal ini tergolong terobosan baru sih.

Nah, Amuba ini bukan girlband yang kaleng-kaleng, soalnya mereka punya misi khusus yang mulia banget.

Penampilan girlband waria Amuba (Instagram @amuba_official2018)

"Jadi AMUBA itu memiliki arti seperti memberikan semangat yang akhirnya terbelah dan menempel kepada queer lain gitu. Inginnya kami juga menunjukkan kepada masyarakat jangan pandang waria sebelah mata," kata Vanessa, dikutip dari Suara.com.

Vanessa mengatakan bahwa masing-masing personel tetap manggung dari satu tempat ke tempat lain. Tapi ... mereka juga tetap punya kesibukan masing-masing.

"Iya di samping manggung dari satu ke tempat lain, kami juga punya kesibukan masing-masing. Saya sendiri sehari-hari sekarang lebih fokus mengelola bisnis saya di bidang kuliner, yang lain masih ada ngamen atau sebagai pekerja seks gitu" tutur Vanessa.

Yap, mereka masiih eksis kok sampe sekarang. Terakhir kali tau ada Amuba manggung tuh pas pembukaan Biennale Jogja 2019, Oktober tahun lalu. Mereka pun terus membuahkan hasil kreativitas mereka sendiri.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"