Gak Cuma Bagus untuk Anak-Anak, Bermain Puzzle Juga Bermanfaat Bagi Manula

Gak Cuma Bagus untuk Anak-Anak, Bermain Puzzle Juga Bermanfaat Bagi Manula

Menurut sebuah penelitian, ditemukan bahwa orang lanjut usia yang rutin mengerjakan teka-teki silang memiliki otak yang lebih tajam. Semakin sering mereka bermain puzzle, semakin baik fungsi otaknya.

Mengerjakan teka-teki silang dapat mengurangi risiko timbulnya demensia hingga dua setengah tahun. Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas yang merangsang mental dapat membantu menunda timbulnya gejala, namun aktivitas tersebut tidak dapat mencegah demensia.

Meski begitu, permainan puzzle tetap dapat dianggap sebagai bagian dari program pencegahan demensia yang lebih komprehensif apalagi jika melibatkan olahraga dan pola makan sehat. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dan kesejahteraan yang dapat diperoleh dari teka-teki:

Para manula berkumpul untuk bermain puzzle (amazon.com)

1. Meningkatkan memori jangka pendek

Mengerjakan teka-teki memperkuat hubungan antar sel otak, meningkatkan kecepatan mental, dan merupakan cara efektif untuk meningkatkan memori jangka pendek.

2. Meningkatkan mood

Teka-teki meningkatkan produksi dopamin, zat kimia yang mengatur suasana hati, memori, dan konsentrasi. Dopamin dilepaskan dengan setiap keberhasilan saat kita memecahkan teka-teki tersebut.

3. Memudahkan untuk melepas lelah



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"