dr. Tirta Tegaskan Gak Ada Kaitan Rematik dengan Mandi Malam Tapi Bisa Berdampak Pada Otak, Beri Saran Ini Agar Tubuh Tidak Rusak

dr. Tirta Tegaskan Gak Ada Kaitan Rematik dengan Mandi Malam Tapi Bisa Berdampak Pada Otak, Beri Saran Ini Agar Tubuh Tidak Rusak

Dr. Tirta  sering memberikan edukasi pada publik seputar pengetahuan kesehatan melalui YouTube-nya. Salah satu kontennya menjelaskan terkait fakta dan mitos kesehatan yang dipercaya oleh masyarakat Indonesia. Beberapa waktu lalu, di kanal YouTube, Tirta PengPengPeng, influencer sekaligus ahli kesehatan ini membahas anggapan tentang mandi malam menyebabkan rematik .

Masyarakat masih banyak yang percaya jika sering mandi malam bisa menyebabkan penyakit rematik. Tapi dengan tegas, dr. Tirta mengatakan hal itu adalah mitos. Tidak ada kaitannya antara mandi malam dengan penyakit rematik. Pasalnya, rematik merupakan penyakit autoimun yang menimbulkan nyeri di bagian sendi.

Foto: dr. Tirta (YouTube/Tirta PengPengPeng)

“Mandi air malam menyebabkan penyakit rematik, engggk ada kaitan. Jadi rematik itu sebuah penyakit autoimun yang memang menyebabkan nyeri pada sendi. Kalau ada yang menyebut gold asam urat, asam urat yang terlalu tinggi akan menyebabkan pembengkakan nyeri sendiri yang namanya gold atritis,” kata dr. Tirta dalam kanal YouTube pribadinya.

Dokter yang juga pengusaha ini mengatakan tidak masalah mandi malam. Namun di malam hari, tubuh berada di kondisi paling rendah. Dr. Tirta mengibaratkan kondisi ini dengan mesin panas yang disiram air dingin. Tubuh pun bisa rusak jika terus menerus disiram air dingin. Bahkan, hal ini bisa menganggu fungsi otak. Dia pun menyarankan untuk menggunakan air hangat saat mandi di malam hari.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"