Benarkah Jongkok Setelah Olahraga Lari Bisa Mengakibatkan Varises? dr. Tirta Ungkap Fakta Ini

Benarkah Jongkok Setelah Olahraga Lari Bisa Mengakibatkan Varises? dr. Tirta Ungkap Fakta Ini

Beberapa orang percaya kalau jongkok  setelah olahraga  lari bisa mengakibatkan varises , yakni pembuluh darah vena yang membengkak atau membesar sehingga membuat vena berwarna keunguan atau biru gelap dan tampak menonjol. Kondisi ini umumnya terjadi pada area tungkai terutama betis.

Varises sendiri lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria. Kondisi tersebut juga lebih berisiko dialami oleh orang yang berat badannya berlebih atau orang yang pekerjaannya mengharuskan dia berdiri atau duduk dalam waktu lama. Lantas benarkah jongkok usai lari dapat memunculkan varises?

Ternyata, pertanyaan ini pernah dibahas oleh dr. Tirta di kanal YouTube-nya. Dokter yang identik dengan gaya bicaranya yang ngegas ini menegaskan kalau itu hanyalah mitos. Dr. Tirta lantas mengungkapkan fakta bahwa berdiri terlalu lama yang justru bisa menyebabkan varises.

Foto: dr. Tirta (YouTube/Tirta PengPengPeng)

“Abis lari, jongkok terus varises itu mitos. Varises itu terjadi kalau kamu berdiri terlalu lama malahan. Coba aja kamu berdiri dua jam terus-terusan dengan beban,” ujar dr. Tirta yang dikutip dari YouTube Tirta PengPengPeng.

Lebih lanjut, dr. Tirta menjelaskan tentang penyebab terjadinya varises yakni karena adanya kerusakan di katup vena yang akhirnya menyebabkan darah yang seharusnya kembali ke jantung malah berbalik arah dan menumpuk di dalam pembuluh vena di kaki.

“Tahu enggak varises itu terjadi karena apa? Gini pada orang obesitas, pada manusia, gravitasi itu kan semua ketarik ke pusat inti bumi. Seperti darah, air mengalir dari tempat tinggi ke rendah. Pada kaki kita, itu ada katup katupnya, vena profunda itu dalam dan vena superfisial itu luar,” jelas dr. Tirta.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"