Cek Fakta: Benarkah Teh Hangat Bisa Menyembuhkan Radang Tenggorokan? dr. Tirta Ungkap Fakta Mengejutkan

Cek Fakta: Benarkah Teh Hangat Bisa Menyembuhkan Radang Tenggorokan? dr. Tirta Ungkap Fakta Mengejutkan

Teh  hangat kerap diandalkan untuk mengobati radang tenggorokan . Sebagian orang percaya, teh hangat bisa membuat rasa gatal serta sakit saat menelan yang terjadi di tenggorokan menghilang. Lantas benarkah demikian? Rupanya, anggapan tersebut kurang tepat.

Permasalahan ini pernah dibahas dr. Tirta dalam konten YouTube-nya yakni Mitos atau Fakta. Di situ, dokter yang identik dengan gaya bicaranya yang ngegas itu mengungkap fakta yang lain. Dokter Tirta mengatakan kalau teh hangat belum tentu bisa mengobati radang tenggorokan.

“Minum teh hangat itu bisa menyembuhkan radang tenggorokan? Secara umum saya bilang, bisa mitos, bisa fakta. Dia di tengah-tengah. Secara medis kalau dibilang teh hangat menyembuhkan radang tenggorokan, enggak bener,” ungkap dr. Tirta yang dikutip dari YouTube Tirta PengPengPeng.

Foto: Dokter Tirta (YouTube/Tirta PengPengPeng)

Lebih lanjut, dokter bernama asli Tirta Mandira Hudhi ini mengaku kalau air hangat  memiliki manfaat yang lebih baik karena bisa membuat tenggorokan lebih lega. Walaupun tidak menyembuhkan, tapi air hangat bisa membantu melegakan termasuk untuk penderita Covid-19.

“Ketika kita radang tenggorokan ada infeksi, nyeri telan. Itu akan menyebabkan pelebaran darah pembuluh kapiler, yang terjadi adalah banyaknya sel peradang di leher. Tapi saat minum air hangat, kita ngerasa jadi lega,” sambungnya.

“So, minum air hangat memang tidak menyembuhkan radang tenggorokan, tapi minum air hangat bisa melegakan radang tenggorokan. Jadi kalau ada orang yang kena Covid-19, dia suka minum sup bawang, supaya dia plong, gua sarankan,” ungkap dr. Tirta.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"