Cara Mengatasi Nyeri Haid Tanpa Obat

Cara Mengatasi Nyeri Haid Tanpa Obat

Nyeri haid bagi sebagian wanita bisa terasa sangat sakit dan tak bisa melakukan apa-apa. Selain mengganggu aktivitas nyeri haid juga bisa bikin seseorang gak bisa keluar dari rumah seharian. Saking sakitnya jadi gak bisa beraktivitas dengan normal.

Buat kamu yang ngalami nyeri haid dan takut minum obat bisa melakukan bebera cara mengatasi nyeri haid berikut ini. Bisa kamu lakukan meskipun sedang sendirian di rumah.

Nyeri yang berlebihan pada periode menstruasi umumnya disebut dengan stagnasi, yaitu ketika wanita merasa kekurangan energi. Untuk mengatasi nyeri saat menstruasi, penting bagi kamu untuk mengetahui alasan seseorang yang sedang menstruasi akan merasakan nyeri.

Umumnya, rahim harus melepaskan lapisan alami setiap bulan ketika otot-otot rahim mengalami kontraksi. Pembuluh darah yang disuplai ke rahim pun akan menjadi sempit. Aliran darah pun akan berkurang, akibatnya rasa sakit pun akan muncul saat menstruasi.

Nyeri haid bikin aktivitas terganggu (bustle.com)

Jangan dabaikan ya gengs, biar gak tambah parah dan kamu juga lebih nyaman menjalani hari.

Dirangkum dari beberapa sumber, berikut cara mengatasi nyeri haid.

1. Olahraga

Saat haid kamu masih bisa kok olahraga ringan. Olahraga bisa meredakan nyeri haid juga ternyata. Saat kita melakukan berbagai jenis latihan aerobik, tubuh memompa lebih banyak darah dan membantu melepaskan endorfin untuk 'melawan' prostaglandin dan meredakan nyeri haid kamu.

Supaya tubuh lebih kuat kamu juga perlu olahraga rutin. Gak perlu ke gym kok, cukup olahraga ringan di rumah atau senam.

2. Kompres hangat untuk area perut

Kompres hangat (newsnetwork.mayoclinic.org)

Kompres hangat membantu merilekskan otot yang berkontraksi di rahim penyebab nyeri haid. Kompres hangat sangat manjur. Kamu bisa pakai kompres tempel sekali pakai atau menggunakan botol minum yang diisi air hangat, lalu tempelkan ke perut hingga nyeri haid terasa reda.

3. Memperbaiki Pola Makan

Memperbaiki pola makan dapat mengatasi nyeri saat menstruasi. Mengurangi lemak dan meningkatkan konsumsi sayuran dapat membantu mengurangi rasa sakit yang timbul ketika periode haid. Selain itu, diet vegetarian rendah lemak dapat membantu menjaga kesehatan dan mengurangi perasaan kram yang timbul.

Tidak hanya ketika haid, pola makan sehat baik untuk kamu terapkan setiap hari gengs.

3. Teh herbal

Teh herbal, terutama teh chamomile, punya kandungan pereda nyeri. Minum teh herbal juga bisa membuatmu lebih rilex dan tenang.

4. Pastikan cukup vitamin D

Asupan vitamin D menurunkan nyeri (remediesforme.com)

Mencegah lebih baik daripada menyembuhkan, oleh karena itu memastikan tubuh memiliki cukup vitamin D penting untuk mencegah nyeri haid. Sebuah studi menemukan dosis tinggi vitamin D bisa membantu menurunkan nyeri haid.

Vitamin D ini adalah salah satu vitamin yang mudah kamu dapatkan. Kamu bisa keluar jalan-jalan santai dipagi hari. Bisa juga pas kamu mau berangkat ke kampus atau kantor. Sempatkan untuk menyapa matahari ya.

5. Banyak Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Magnesium

Asupan magnesium yang cukup dapat membantu meringankan rasa sakit. Selain untuk mengatasi kram menstruasi, kandungan magnesium dapat membantu untuk mengatur fungsi saraf dan otot. Asupan magnesium yang baik bagi wanita pada usia subur adalah 320 miligram setiap harinya.

6. Pijatan Lembut

Pijatan lembut juga bisa kamu lakukan (www.drweil.com)

Memijat bagian-bagian tertentu di abdomen, samping dan punggung bisa mengurangi nyeri haid. Memijat dengan minyak esensial misalnya dengan wewangian seperti lavender juga bisa membantu menenangkan rasa nyeri.

Selamat mencoba ya. Kalau nyerinya parah dan gak tertahankan segera hubungi dokter untuk mendapatkan obat yang tepat. Jangan minu obat sembarangan.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"