Benarkah Kerokan Bisa Menyembuhkan Masuk Angin? dr. Tirta Ungkap Penelitian Ilmiah Tak Terduga Dari China

Benarkah Kerokan Bisa Menyembuhkan Masuk Angin? dr. Tirta Ungkap Penelitian Ilmiah Tak Terduga Dari China

Kerokan  merupakan cara tradisional di Indonesia untuk mengatasi masuk angin. Masih banyak orang yang melakukan cara ini untuk menghilangkan gejala demam tersebut. Tapi kini banyak yang mempertanyakan, benarkah kerokan efektif untuk mengatasi masuk angin?

Terkait hal ini, dr. Tirta  mengatakan kalau anggapan itu adalah fakta. Dia juga mengatakan China pernah melakukan penelitian terkait kerokan. Dokter yang juga pengusaha ini pun menjelaskan kalau masuk angin bukan berasal dari angin yang masuk melalui pusar, melainkan karena infeksi virus dan bakteri.

Foto: Kerokan (BolaSport)

“Mitos atau fakta, kerokan bisa menyembuhkan demam? Dalam penelitian yang di share di China sekitar 4-5 tahun yang lalu, memang ada efektivitas untuk kerokan membantu proses penyembuhan masuk angin alias gejala infeksi demam. Fakta itu,” ungkap dr. Tirta dikutip dari YouTube-nya, Tirta PengPengPeng yang dikutip pada Senin, 21 Maret 2022.

“Masuk angin itu gejala lain atau nama lain dari demam, nyeri. Jadi kalau orang kena infeksi bakteri atau virus, gejala utamanya adalah gereges gereges, nyeri sendi, tulang, badan enggak enak, demam terus kayak kembung bersendawa terus. Itu bukan karena anginnya masuk lewat pusar bukan, itu karena infeksi dan biasa infeksinya adalah infeksi virus atau bakteri,” sambungnya.

Lebih lanjut, dokter yang identik dengan tatonya ini juga memberikan penjelasan tentang anggapan kalau kerokan bisa mencederai kulit. Ternyata, rumor itu salah. “Nah kerokan ini biasa di punggung ternyata tidak mencederai kulit. Kan banyak yang bilang kalau kerokan itu mencederai kulit, ternyata dari penelitian di jurnal ini kulit tidak dicederai,” lanjutnya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"