7 Cara Pemanasan Otak Sebelum Kembali Bekerja Usai Libur Panjang

7 Cara Pemanasan Otak Sebelum Kembali Bekerja Usai Libur Panjang

Setelah libur yang panjang, otak kita mungkin akan terasa sedikit tumpul karena jarang dipakai berpikir keras atau bekerja. Wajar sih, kan liburan memang ditujukan untuk rehat sejenak dari aktivitas padat yang biasanya kita lakukan saat hari kerja.

Nah, untuk agar siap kembali ke aktivitas yang membutuhkan pikiran yang fresh dan tajam, kita perlu melakukan pemanasan dulu. Berikut ini beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan untuk memanaskan otak, sebelim kembali bekerja dan beraktivitas:

1. Mendengarkan Musik Klasik

Penelitian telah menunjukkan bahwa musik (terutama musik klasik) dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap fungsi otak, kondisi mental, dan suasana hati kita (disebut Efek Mozart).

Musik klasik yang menenangkan dapat memperlambat detak jantung, sehingga menurunkan tekanan darah dan menurunkan tingkat hormon stres dalam tubuh. Pikiran yang bebas stres adalah pikiran yang jernih, dan ini bisa menjadi lebih efektif jika kamu memainkan alat musik itu sendiri.

2. Yoga

Yoga untuk pemanasan otak (gocement.com)

Olahraga adalah cara yang sehat untuk menghilangkan stres, tetapi yoga bahkan lebih baik lagi karena menggabungkan olahraga dan meditasi untuk menenangkan pikiran. Ketika seseorang melakukan pose yoga, pikirannya terfokus pada pernapasan dan diam sehingga pikiran lain tersingkir.

Awali harimu dengan beberapa pose yoga epik yang menjernihkan pikiran seperti 'Pose Prajurit I' atau 'Pose Pohon', yang benar-benar mengalihkan fokusmu ke pernapasan dan keseimbangan.

3. Menggambar dengan Dua Tangan

Menggambar menggunakan dua tangan melatih kedua sisi otak dengan menggunakan tangan dominan dan nondominan. Cukup ambil pulpen atau pensil dengan kedua tangan (tempelkan kertas dengan selotip jika perlu) dan cobalah menggambar. Untuk memulai dengan mudah, cobalah menggambar hati atau garis luar rumah (gaya pra-sekolah). Melakukan latihan dasar ini di pagi hari akan menghilangkan pikiran-pikiran sepele dari pikiran dan meningkatkan produktivitas.

4. Menulis Jurnal



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"