Tips Pilih Kursi Kereta Ekonomi Premium Biar Gak Duduk Mundur di Perjalanan

Tips Pilih Kursi Kereta Ekonomi Premium Biar Gak Duduk Mundur di Perjalanan

Kereta api ekonomi premium merupakan kelas kereta yang banyak dimiliki oleh kereta-kereta jarak jauh. Meski kelas ekonomi namun ekonomi premium dianggap lebih nyaman dibandingkan kelas ekonomi konvensional. Nah tips pilih kursi kereta ekonomi premium harus diketahui oleh calon penumpang lho.

Jadi dalam satu gerbong kereta api ekonomi premium terdapat 80 tempat duduk yang terdiri dari 40 tempat duduk menghadap ke arah barat dan 40 tempat duduk lainnya menghadap ke arah timur. Sehingga banyak penumpang kereta ekonomi premium yang saat naik kereta harus duduk mundur dalam perjalanan.

Misalnya seorang penumpang naik kereta tujuan ke timur atau menuju Jawa Tengah. Tetapi ia malah mendapatkan duduk di kursi yang menghadap ke arah sebalinya atau barat. Alhasil sepanjang perjalanan penumpang itu akan duduk berjalan mundur. Kadang hal ini membuat jadi tidak nyaman.

Tips Pilih Kursi Kereta Ekonomi Premium (TikTok @revandhikab)

Lalu bagaimana tips pilih kursi kereta ekonomi premium? Seorang warganet di TikTok lewat akun @revandhikab membuat video tentang cara memilih kursi supaya dapat duduk yang tepat dan tidak berjalan mundur. Dalam unggahannya terungkap jika nomor kursi sangat penting dan menjadi kunci dalam memilih tempat duduk maju atau mundur.

“Rumus pilih kursi kereta premium biar hadapnya gak mundur,” tulis keterangan video itu. Dalam video itu calon penumpang saat membeli tiket online harus memilih nomor kursi 12 sampai terakhir (12-20-red) jika dalam perjalanan dari arah barat ke timur atau misalnya dari Jakarta menuju Jawa Tengah, Yogyakarta, atau Jawa Timur.

Kemudian untuk perjalanan kereta dari timur menuju barat atau dari daerah Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta menuju Jakarta, calon penumpang memilih kursi dari nomor paling kecil sampai nomor 11 (1-11-red). Maka dipastikan jika memilih nomor kursi dengan benar, tidak akan mengalami perjalanan mundur di kereta.

Sejumlah warganet pun baru tahu cara itu, namun ada juga yang sudah mencobanya dan merasa tips itu memang benar. “valid sih, selama ini aku make ekonomi premium dan make rumus ini gapernah zonk ehehe,” tulis seorang warganet di kolom komentar. “Nah sama, belum pernah zonk. Makanya kemungkinan ini valid berdasarkan pengalamanku pilih seat yg dapet searah terus ,” tambah warganet lain.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"