Tahukah Kamu? Ternyata Ada Alasan Ilmiah Di Balik Warna Merah Dan Kuning Di Logo McDonald's

Tahukah Kamu? Ternyata Ada Alasan Ilmiah Di Balik Warna Merah Dan Kuning Di Logo McDonald's

Banyak dari kamu yang pasti sudah tidak asing dengan logo McDonald's. Logo berbentuk huruf 'M' dengan warna merah dan kuning ini begitu ikonik. Namun tahukah kamu makna logo McDonald's tersebut? Ternyata ada alasan ilmiah di baliknya loh!

Sebagai informasi, logo McDonald's yang sering dijuluki sebagai lengkungan emas ini dikembangkan oleh desainer Jim Schlinder pada tahun 1962. Mengutip aknkbot Design, logo McDonald's sudah diubah beberapa kali sebelum melakukan fiksasi terakhir pada tahun 2003.

Namun, lengkungan kuning yang menjadi ikoniknya sudah mulai digunakan sejak 1968. Awalnya logo McDonald's hanya berisikan satu lengkungan saja, sampai akhirnya Ray Kroc mengambil alih bisnis ini dan menggabungkan dua lengkungan sehingga terlihat seperti huruf 'M'.

Logo McDonald's Punya Makna (Kompas)

Sebagai restoran penyedia makanan cepat saji, tentu bukan tanpa alasan mengapa McDonald's memilih warna merah dan kuning pada logo mereka. Ternyata, alasan di balik pemilihan warna tersebut berangkat dari pertimbangan psikologis bukan hanya karena unsur estetika semata. 

Dilansir dari Daily Mail, psikolog warna asal Inggris, Karen Haller melalui blog situs webnya, mengungkapkan pemilihan warna merah dan kuning dalam logo McDonald's bukan sebuah kebetulan. Ada efek psikologis yang ditimbulkan kepada pelanggan. 

Karen menjelaskan warna merah pada logo tersebut bisa memicu rangsangan, nafsu makan, rasa lapar dan menarik perhatian. Sedangkan warna kuning dapat memicu perasaan bahagia dan ramah. Perpaduan dua warna antara merah dan kuning ini pun jadi bagian penting dari model bisnis ke pelanggan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"