Selain Sate dan Gulai, Ini 3 Resep Masakan Serba Kambing yang Enak Buat Idul Adha

Selain Sate dan Gulai, Ini 3 Resep Masakan Serba Kambing yang Enak Buat Idul Adha

Biar nggak bosan makan sate dan gulai kambing, mending coba masakan olahan kambing yang lain yuk!

Selain berkurban dan naik haji, ada hal lain yang cukup identik dengan momen lebaran Idul Adha, yaitu makan masakan olahan kambing. Wah, kalau kamu yang suka kambing sih pasti bisa berpesta banget nih bisa makan kambing sepuasnya, bikinan rumahan pula. Pasti rasanya lebih mantap! Nah, tapi bosan dong lama-lama kalau daging kambingnya cuma dibikin sate atau gulai? Biar agak bervariasi, kamu bisa contek resep berikut ini biar nggak makan sate melulu, gengs!

Sop Kambing

Sop Kambing Sop kambing kuah bening (unileverfoodsolutions.co.id)

Buat kamu yang nggak suka masakan bersantan kayak gulai atau tongseng, cocok banget nih sama sop kambing dengan kuah bening. Tinggal makan pakai nasi dan sambal sih sedap banget! 

Bahan-Bahan:

1. 1 kg daging kambing

2. 1/2 buah bawang bombay, cincang 

3. 7 siung bawang putih, cincang

4. 1 sdt pasta jahe 

5. 3 buah bunga lawang

6. 5 buah cengkeh

7. 3 cm kayu manis

8. 1/2 sdt gula pasir

9. 2 buah kentang, potong dadu

10. 2 buah wortel, potong kecil

11. 2 tangkai daun bawang

12. 3 tangkai seledri

13. 4 liter air

14. Garam dan minyak secukupnya

Cara membuat: 

1. Cuci bersih daging kambing

2. Rebus daging selama 15 menit

3. Di wajan terpisah, tumus bawang bombay dan bawang putih hingga kecokelatan

4. Tambahkan bumbu masak lain sampai wangi

5. Masukan bumbu yang udah masak ke dalam panci, tamabahkan air 3 liter untuk merebus daging sampai empuk

6. Kalau daging udah empuk, segera masukan kentang dan wortel, tunggu sampai matang

7. Tambahkan daun bawang dan seledri

8. Sop kambing siap disajikan 

Nasi kebuli

Nasi kebuli Seporsi nasi kebuli khas Timur Tengah (happyfresh.id)

Mungkin menu ini jarang dicoba saat Idul Adha, padahal enak banget lho! Nasi kebuli adalah hidangan nasi yang berbumbu khas Timur Tengah. Ciri khasnya, nasi ini dimasak bareng kaldu daging kambing dan minyak samin. 

Bahan-Bahan:

1. 1 kg beras

2. ½ kg daging kambing yang masih ada tulang mudan

3. 3 sdm kismis

4. 3 sdm bawang goreng

5. 2 sdm minyak samin

6. 1 sdt garam

7. 1 batang kayu manis

8. 4 biji cengkeh

9. ½ biji pala

10. 2 buah bunga lawang

11. 2 buah kapulaga

12. 2 batang serai

13. 5 lembar daun jeruk

14. 2 lembar daun salam

15. 1500 ml santan sedang kentalnya

16. Minyak dan garam secukupnya

Bumbu Halus:

1. 3 siung bawang putih

2. 5 siung bawang merah

3. 1 sdm ketumbar

4. 1 sdt jintan

5. ½ sdt adas manis

6. 4 cm kunyit

7. 2 cm jahe

Cara membuat: 

1. Tumis bumbu halus 

2. Tambahkan kayu manis, cengkeh, pala, bunga lawang, kapulaga, serai, daun jeruk, daun salam dan garam, masak sampai matang dan wangi

3. Masukkan daging kambing sampai berubah warna 

4. Kalau daging udah matang, bisa masukkan beras 

5. Tumis nasi dan daging besama bumbu sampai harum

6. Tambahkan santan dan kismis 

7. Angkat beras yang udah dimasak bersama bumbu, lalu kukus seperti biasa

8. Kalau udah matang, bisa ditambahkan minyak samin, dan nasi kebuli pun selesai.

Tengkleng kambing

Tengkleng kambing Menggoda banget ya penampilannya? (tripadvisor.co.id)

Menu masakan kambing lain yang bisa dicoba adalah tengkleng. Kalau dilihat-lihat sih makanan ini mirip gulai, ya? Memang mrip sih, tapi umumnya kuah tengkleng lebih sedikit dan encer. Ini juga nggak kalah enaknya lho dari menu lain. Wajib coba banget bikin sendiri di rumah, gengs. 

Bahan-Bahan:

1. 500 gr tulang iga kambing, potong-potong

2. 1 kepala kambing, potong-potong

3. 5 liter air

4. 4 buah cengkeh

5. 2 cm kayumanis

6. 3 cm lengkuas, memarkan

7. 3 batangserai, memarkan

8. 3 lbr daun salam

9. 3 lbr daun jeruk

10. 500 gr jeroan kambing, potong-potong

11. 1 sdm garam

12. 10 buah cabai rawit

Bumbu halus:

1. 8 buah bawang merah

2. 5 siung bawang putih

3. 5 buah kemiri

4. 2 cm jahe

5. 5 cm kunyit

6. 2 sdt ketumbar

Cara membuat: 

1. Bakar tulang iga kambing dan kepala kambing 

2. Didihkan air, lalu rebus tulang dan kepala

3. Tambahkan cengkeh, kayu manis, lengkuas, serai, daun salam, dan daun jeruk

4. Masukkan jeroan kambing

5. Angkat dari air rebusan, tiriskan

6. Sisa air rebusan bisa dipanaskan kembali, lalu masukkan bumbu halus

7. Masukkan kepala, tulang, dan jeroan

8. Bumbui dengan garam 

9. Masukkan cabe rawit

10. Tengkleng kambing siap disantap

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"