Terkait Agama Hindu, Setiap Idul Adha Masyarakat Kudus Pilih Sembelih Kerbau Dibanding Sapi

Terkait Agama Hindu, Setiap Idul Adha Masyarakat Kudus Pilih Sembelih Kerbau Dibanding Sapi

Masyarakat Kudus, Jawa Tengah memiliki cara tersendiri saat Idul Adha. Jika sapi disembelih, mereka memilih untuk menyembelih kerbau. Ternyata kebiasaan menyembelih kerbau saat Idul Adha sudah jadi tradisi turun-temurun sejak dulu. 

Hal itu dipengaruhi oleh Sunan Kudus salah satu anggota wali songo yang menyebarkan agama Islam di pesisir utara Jawa, termasuk di Kudus. Saat Sunan Kudus masih berada di Kudus, memang sudah dimulai kebiasaan ketika merayakan Idul Adha yang disembelih adalah kerbau bukan sapi seperti tradisi yang ada di Indonesia.

Sunan Kudus saat itu memiliki alasan kenapa memilih kerbau dibandingkan sapi. Ternyata ada kaitannya dengan pemeluk agama Hindu. Dimana dalam agama tersebut sangat diharamkan menyembelih sapi karena sapi adalah hewan yang dihormati karena dipercaya sebagai jelmaan dari dewa Syiwa.

Masyarakat Kudus Sembelih Kerbau Saat Idul Adha (Tribun Jateng)

Sunan Kudus melakukan strategi dalam menyebarkan agama Islam, untuk menarik pemeluk agama Hindu untuk masuk Islam karena saat Idul Adha, yang disembelih adalah kerbau bukannya sapi. Dan, benar strategi itu membuat banyak pemeluk agama Hindu akhirnya pindah agama dan masuk Islam.

Padahal Kudus menjadi salah satu daerah di Jawa Tengah yang menjadi pusat perkembangan agama Hindu. Banyak orang Hindu yang tingga di Kudus dan sekitarnya. Ternyata masyarakat Kudus mayoritas kini beraama Islam bukan Hindu.

Akhirnya karena sudah menjadi budaya, masyarakat Kudus menyembelih kerbau dan kambing setiap Idul Adha. Pedagang hewan kurban di Kudus juga tidak menjual sapi hanya kerbau dan kambing saja.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"