Sapi Kurban Suka Menangis Jelang Disembelih? Terungkap Faktanya

Sapi Kurban Suka Menangis Jelang Disembelih? Terungkap Faktanya

Sapi menjadi salah satu hewan kurban Idul Adha. Konon ada beberapa sapi yang mengeluarkan air mata atau menangis jelang proses penyembelihan. Apakah sapi merasa sedih karena akan dipotong?

Melansir dari Kompas.com, Dosen Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada, Slamet Raharjo mengatakan bahwa air mata sapi tidak ada kaitannya dengan air mata kesedihan atau menangis. Katanya, sapi itu mengeluarkan air mata karena proses pengiriman dari penjual kepada pembeli menggunakan kendaraan seperti truk atau mobil bak terbuka.

Saat sapi diantar menggunakan kendaraan dalam perjalanan si sapi bisa terpapar debu atau asap yang mempengaruhi matanya sehingga keluar air mata saat akan menjalani proses penyembelihan.

Sapi Menangis Saat Idul Adha (IDN Times)

Fakta lain mengungkapkan sapi mengeluarkan air mata karena mamalia seperti sapi memiliki kelenjar air mata atau kelenjar lakrimal. Menurut jurnal Livestock Research International, kelenjar itu berfungsi untuk memproduksi air mata pada hewan atau yang disebut lakrimasi. Kelenjar air mata pada hewan mirip dengan manusia.

Kelenjar tersebut berada di bagian kelopak mata pada bagian atas. Maka kelenjar itu akan menyalurkan air ke bola mata sebagai upaya untuk melembapkan air mata ada hewan mengandung tiga komponen utama yakni air, protein, dan lendir. Protein memegang peran penting untuk melindungi permukaan mata dari patogen, membuat air mata jadi stabil dan melakukan proses penyembuhan.

Walaupun sama-sama memiliki kelenjar air mata, bukan berarti hewan kurban sama dengan manusia yang memproduksi air mata karena alasan emosional, misalnya saat manusia sedang bersedih dan bahagia, kadang air mata pun keluar dengan sendirinya. Jadi hewan kurban mengeluarkan air mata bukan karena mau disembelih ya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"