Ini Bedanya Ketoprak Cirebon, Ketoprak Tegal, dan Ketoprak Betawi, Kamu Suka yang Mana?

Ini Bedanya Ketoprak Cirebon, Ketoprak Tegal, dan Ketoprak Betawi, Kamu Suka yang Mana?

Ketoprak  selama ini dianggap sebagai makanan khas Jakarta atau Betawi. Padahal jenis ketoprak beraneka ragam. Saat ini diketahui ada ketoprak Cirebon, Ketoprak Tegal, dan ketoprak Jakarta yang dijual di sekitar kita. Setiap macam ketoprak memiliki perbedaannya.

Meskipun pada dasarnya ketoprak Cirebon, Tegal, dan Jakarta memiliki isi yang sama seperti ketupat atau lontong, bihun, tauge, tahu, dan bumbu kacang untuk semakin menambah enak ketoprak tersebut. Berikut beberapa ciri khas setiap jenis ketoprak itu.

1.    Ketoprak Tegal

Ketoprak Tegal paling mudah dicirikan dari bentuk gerobaknya. Ketoprak Tegal memiliki bentuk gerobak yang lebih panjang dan sekilas mirip dengan perahu. Gerobak ketoprak jenis ini memiliki dua papan yang digunakan untuk meletakan piring termasuk tempat tahu.

Ketoprak Tegal biasanya meletakkan ketupat di dalam wadah plastik bukan daun ketupat. Pedagang ketoprak Tegal berjualan dari pagi sampai sore hari. Biasanya pedagang tidak mangkal melainkan berjalan keliling ke beberapa tempat. Bumbu kacang ketoprak lebih kental.

Ini Bedanya Ketoprak Cirebon, Ketoprak Tegal, dan Ketoprak Betawi (YouTube)

2.    Ketoprak Cirebon

Nah kalau ketoprak Cirebon memiliki bentuk gerobak yang berbeda. Jika ketopak Tegal gerobaknya panjang, ketoprak Cirebon gerobaknya lebih pendek dan bentuknya mirip gerobak bubur ayam. Ketoprak Cirebon mulai berjualan pada sore sampai tengah malam dan mangkal di satu tempat.

Ketupat di ketoprak Cirebon berada di dalam wadah plastik. Bumbu kacangnya lebih encer atau tidak sekental ketoprak Tegal. Ketoprak Cirebon juga menyediakan menu tambahan yakni telur, seperti telur dadar dan telur ceplok. Ketoprak Cirebon biasanya ada tambahan acar sayuran yakni timun.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"