9 Makanan Indonesia yang Memakai Bumbu Kacang, Rasanya Gurih Manis Menggoyang Lidah Banget!

9 Makanan Indonesia yang Memakai Bumbu Kacang, Rasanya Gurih Manis Menggoyang Lidah Banget!

Ngomongin makanan Indonesia memang gak ada habisnya. Selain karena ada banyak sekali jenis dan makanan khasnya. Rasanya pun sangat kaya dan nikmat. Ya maklum, orang Indonesia kerap menggunakan berbagai rempah saat memasak. Jadi gak heran jika makanan Indonesia sangat kaya rasa dan disukai bahkan oleh warga negara asing.

Selain khas dengan rempah, makanan Indonesia punya ciri khas lain. Yaitu banyak daerah yang menggunakan santan dan kacang tanah. Sebagai negara agraris, Indonesia tentu kaya akan pohon kelapa. Itu yang membuat negara ini sering menggunakan santan kelapa saat memasak. Selain itu kacang tanah juga jadi andalan untuk membumbui berbagai kuliner nusantara.

Nah, apa saja sih makanan Indonesia yang menggunakan bumbu kacang? Ini dia daftarnya untukmu!

1. Sate Ayam

Nah, salah satu makanan berbumbu kacang yang sudah go internesyenel nih ges: sate! Sate ayam khas Madura biasanya memang menggunakan bumbu kacang yang medok dan agak kasar. Sate yang dibakar manis, ditambah bumbu kacang adalah salah satu lauk terenak di Indonesia. Jangan lupa lontong dan bawang merahnya ya!

2. Pecel

Salah satu makanan khas Madiun. Pecel sebenarnya hampir sama dengan lotek dan gado-gado. Bedanya, menu ini dimakan bersama nasi dan dipadukan berbagai lauk seperti peyek, tahu tempe goreng, telur asin, dan lauk-lauk lain sesuai selera.

3. Siomay

Siomay dan saus kacang (cookpad.com)

Menu olahan daging ikan (biasanya tenggiri) dan tepung tapioka ini memang gak pernah salah. Agak kenyal, lembut, dan rasanya gurih banget. Enak banget dimakan sama bumbu kacang, perasan jeruk sambal, dan kecap pas hujan-hujan atau sore-sore. 

4. Cilok

Bulat, kenyal, dan gurih. Itulah cilok. Makanan khas Jawa Barat ini merupakan jajanan sekaligus soul food banyak masyarakat Indonesia. Karena teksturnya yang kenyal mirip mochi, dan rasanya yang gurih. Cilok cocok banget dipadukan sama saus kacang dan kecap. Haduh ngeces deh!

5. Ketoprak

Warga Betawi patut bangga. Sebab makanan ini adalah salah satu makanan Indonesia paling nikmat yang menggunakan saus kacang. Perpaduan bihun, tauge, timun, tahu, telor goreng, kerupuk, dan saus kacang adalah kesempurnaan hakiki kuliner Indonesia.

6. Gado-Gado

Menu yang bahkan juga dijual di beberapa negara lain di barat ini memang istimewa. Gado-Gado memadukan sayuran, kentang, tahu, telur, dan saus kacang encer yang menggoyang lidah.  

7. Lotek



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"