Anti Mainstream! Ini 5 Resep Olahan Kurma Yang Mudah Buat Ide Takjil, Bisa Dibikin Gorengan Loh!

Anti Mainstream! Ini 5 Resep Olahan Kurma Yang Mudah Buat Ide Takjil, Bisa Dibikin Gorengan Loh!

Kurma merupakan salah satu makanan yang mudah dijumpai, khususnya di bulan Ramadan karena kerap dijadikan menu takjil. Selama ini, buah kurma digadang-gadang bisa jadi sumber energi, khususnya untuk orang yang sedang dalam proses penyembuhan. 

Kurma memang punya berbagai manfaat diantaranya mencukupi kebutuhan kalori, mencukupi kebutuhan gizi, melancarkan proses pencernaan, mencegah diabetes, menstabilkan gula darah, menjaga kesehatan jantung hingga menangkal radikal bebas.

Akan tetapi, sebagian orang merasa bosan karena terus menikmati kurma secara langsung. Padahal sebenarnya, kurma bisa diolah jadi beragam hidangan yang tidak membosankan loh! Mulai dari minuman segar, gorengan sampai makanan sehat seperti salad.

Kreasi olahan kurma ini bisa menjadi alternatif buat kamu mulai bosan menyantap kurma langsung. Menariknya, selain jadi ide untuk takjil, kreasi ini juga bisa dibuat untuk hantaran atau sajian lebaran nanti. Penasaran kurma bisa dibuat apa aja? Berikut 5 resep olahan kurma yang mudah.

1. Susu Kurma

Kreasi Susu Kurma (Kompas)

Bahan-bahan:

  • 35 gram Kurma, buang bijinya lalu cincang

  • 2 sdm Gula Pasir (bisa diganti madu murni) 

  • 720 ml Susu Cair Full Cream

  • Secukupnya Es Batu (optional)

  • Secukupnya Jelly (optional)

  • Secukupnya Cincau (optional)

Cara Membuat Susu Kurma

  1. Masukkan kurma dan susu ke dalam blender. Proses sampai semua bahan halus. Tambahkan sisa bahan lainnya yakni gula atau madu.

  2. Kemudian, haluskan lagi dengan kecepatan tinggi. Tuang susu kurma ke dalam gelas atau botol lalu sajikan. Tambahkan es batu, jelly atau cincau. 

Catatan: Kamu bisa membuat susu kurma dalam kondisi dingin dengan menambahkan es batu atau meletakkan di kulkas Untuk menambah rasanya, susu kurma juga bisa ditambah dengan topping jelly dan cincau.

2. Kurma Goreng Tepung



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"