Jadi Makanan Favorit! Gini 4 Cara Nabi Muhammad SAW Menikmati Kurma, Cobain Yuk

Jadi Makanan Favorit! Gini 4 Cara Nabi Muhammad SAW Menikmati Kurma, Cobain Yuk

Kurma merupakan salah satu makanan yang memiliki keistimewaan tersendiri bagi umat Islam. Bahkan dalam Al-Qur'an, buah yang berasal tanaman palma ini disebutkan sebanyak 20 kali seperti dalam surah Ar-Rad, Al-Baqarah, Qaaf dan Al Hasyr.

Buah kurma pun diyakini memiliki banyak keberkahan dan manfaat. Tak hanya itu, kurma juga merupakan salah satu buah kesukaan Nabi Muhammad SAW. Dalam beberapa hadits juga menjelaskan soal Rasullullah memakan kurma.

Rupanya, Nabi Muhammad SAW memiliki berbagai cara dalam menikmati buah kurma. Lantas bagaimana cara Rasullullah SAW dalam memakan kurma? Berikut penjelasannya yang dirangkum dari berbagai sumber!

1. Dimakan Langsung

Ilustrasi Makan Kurma (KlikDokter)

Cara pertama adalah dimakan langsung. Seorang konten kreator dakwah, Husain Basyaiban pernah membuat video yang mempraktekkan cara Nabi Muhammad SAW makan kurma agar jari-jarinya tetap bersih.

Sama seperti pada umumnya, Nabi Muhammad SAW awalnya mengambil kurma dan memakannya menggunakan jari tangan. Saat sudah memakan daging buahnya dan hanya menyisakan biji, dia akan menadahinya menggunakan belakang jari telunjuk dan jari tengah.

Husain pun menjelaskan bahwa hikmah dibalik adab Rasulullah SAW dalam memakan kurma ini adalah menghindari jari tangannya terkontaminasi dengan bakteri dari air liur.

2. Pakai Timun



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"