5 Tips Membuat Nastar Lebih Tahan Lama Tanpa Bahan Pengawet dari Chef Yongki Gunawan

5 Tips Membuat Nastar Lebih Tahan Lama Tanpa Bahan Pengawet dari Chef Yongki Gunawan

Menjelang Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran, banyak orang yang sudah mempersiapkan berbagai sajian untuk tamu yang akan berkunjung. Salah satunya adalah kue Lebaran. Nastar termasuk kue yang paling banyak dibuat saat Lebaran. 

Kue ini menjadi favorit banyak orang karena rasanya yang renyah dengan isian selai nanas yang manis. Membuat nastar sendiri di rumah juga termasuk momen yang paling ditunggu bersama keluarga. Tapi seringkali, orang gagal dalam membuat nastar.

Misalnya, adonan yang pecah, selai nanas keras hingga tidak tahan lama dan mudah berjamur. Rupanya, ada cara untuk mengatasi hal tersebut. Berikut ini beberapa tips mudah agar nastar tahan lama dari Chef Yongki Gunawan yang dirangkum dari YouTube-nya.

1. Pemilihan Tepung Terigu

Chef Yongki Gunawan Bagikan Tips Membuat Nastar (YouTube)

Penggunaan bahan menjadi faktor keberhasilan dalam membuat kue. Untuk membuat nastar, Chef Yongki menyarankan untuk menggunakan tepung berprotein sedang bukan yang berprotein tinggi. Sebelum diolah, tepung lebih baik dikukus selama 1 jam. 

Letakkan tepung di dalam kukusan yang sudah dialasi dengan kain halus lalu bungkus tutup kukusan menggunakan serbet. Setelahnya, saring tepung dan dinginkan terlebih dahulu. Baru kemudian tepung bisa dipakai dan diolah menjadi kue. 

2. Pembuatan Selai Nanas

Membuat selai nanas untuk isian nastar memang terbilang beresiko. Chef Yongki mengatakan gagal atau tidaknya selai nanas ini tergantung dengan jenis nanas yang digunakan. Nanas Subang dan nanas cavendish tidak disarankan untuk dibuat selai isian nastar karena mengandung banyak air.

Selain itu, nanas tersebut juga punya tingkat keasaman yang tinggi. Jadi ketika dimasak dan didinginkan, bakal berfermentasi mengeluarkan gas. Gas itulah yang akan mendorong permykaan kue nastar sehingga pecah saat dipanggang. Untuk memasaknya pun harus benar-benar matang sampai berwarna kecokelatan bukan kuning.

3. Jangan Buang Mata Manas



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"