3 Fakta Depkes Taiwan Temukan Zat Pemicu Kanker Di Indomie Rasa Ayam Spesial, Gini Penjelasan Indofood

3 Fakta Depkes Taiwan Temukan Zat Pemicu Kanker Di Indomie Rasa Ayam Spesial, Gini Penjelasan Indofood

Produk Indomie dari Indonesia mendadak jadi perbincangan hangat. Hal ini setelah muncul kabar tentang Departemen Kesehatan (Depkes) Taiwan yang menemukan zat pemicu kanker pada dua merek mie instan dari Asia Tenggara. Salah satu produk mie instan itu adalah Indomie Rasa Ayam Spesial. 

Melansir dari The Star, penemuan tersebut berdasarkan pemeriksaan mie instan yang tersedia di Taiwan pada Senin, 24 April 2023. Kepala Divisi Makanan dan Obat-obatan Departemen Kesehatan Taiwan, Chen Yi-ting, mengatakan inspeksi mie instan dilakukan dengan memilih secara acak 30 produk.

Adapun produk-produk itu didapat dari supermarket, toko serba ada, hypermarket, pasar basah tradisional, toko makanan Asia Tenggara sampai importir grosir di kota. Berikut tiga fakta penemuan zat pemicu kanker pada Indomie:

1. Terdapat Kandungan Etilen Oksida

Ilustrasi Mie Instan (VOI)

Taiwan News melaporkan mie instan dari Indonesia disebut mengandung etilen oksida yakni senyawa kimia yang terkait dengan limfoma dan leukemia. Kandungan ini ditemukan dalam paket bumbunya. Sebagai informasi, etilen oksida beracun jika dikonsumsi atau dihirup.

Tak hanya menyebabkan limfoma dan leukemia, etilen oksida juga bisa bisa menimbulkan iritasi serius pada kulit dan mata siapa pun yang bersentuhan dengan zat itu. Bahkan kandungan tersebut juga dapat memicu cacat lahir dan keturunan. 

2. Produk Ditarik di Taiwan



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"