Pengantin Baru Dilarang Melintasi 3 Jalan di Yogyakarta Ini, Terungkap Mitosnya

Pengantin Baru Dilarang Melintasi 3 Jalan di Yogyakarta Ini, Terungkap Mitosnya

Dalam kehidupan masyarakat sejak dulu berkembang mitos, termasuk mitos larangan bagi pasangan pengantin baru . Misalnya pengantin baru dilarang meninggalkan rumah setelah 40 hari menikah, hingga larangan melewati jalan di Yogyakarta  ini.

Yogyakarta menyimpan sejuta mitos, termasuk beberapa jalan yang diduga mengandung mistis. Ada 3 jalan di Yogyakarta yang disebut pantang dilewati oleh para pengantin baru. Jika berani melintas, bahaya akan mengancam hingga kehilangan nyawa.

Meskipun hanya mitos, namun tidak sedikit yang percaya akan keangkeran jalan-jalan tersebut. Pengantin baru pun tidak berani melewati jalan itu dan memilih untuk memutar arah meskipun lebih jauh.

Pengantin Baru Dilarang Melintas di 3 Jalan di Yogyakarta Ini, Terungkap Mitosnya (Merdeka.com)

1.    Jalan Watu Manten

Jalan Watu Manten terdapat di Kabupaten Gunung Kidul. Konon di sekitar jalan itu terdapat sebuah batu besar yang saat proses pembangunan jalan itu tidak bisa dihancurkan dengan alat berat. Ternyata batu itu merupakan saksi sejarah sehingga dijadikan petilasan.

Selain batu besar, zaman dulu ada sepasang pengantin baru yang meninggal di kawasan itu. Kebetulan ketika sedang turun hujan deras, pengantin baru itu berteduh di bawah pohon. Lalu terjadi bencana longsor yang merenggut nyawa keduanya.

Para warga sekitar percaya bahwa jangan sampai ada pengantin baru yang belum 5 hari menikah sudah berani melewati jalan tersebut. Di saat-saat tertentu ada orang yang memberikan sesajen di jalan tersebut.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"