Kengerian Buku Kuno Bersampul Kulit Manusia di Perpustakaan Harvard

Kengerian Buku Kuno Bersampul Kulit Manusia di Perpustakaan Harvard

Tahugak sih, ada sebuah buku kuno yang ada di Harvard University yang mengerikan banget. Kenapa sih emangnya?

Pasalnya, Buku itu bersampul kulit manusia yang konon milik seorang pasien wanita di rumah sakit jiwa. 

Seperti yang dilansir dari Kumparan.com, Disimpan di perpustakaan universitas, para ilmuwan mengatakan buku berjudul Des Destinees de l’Ame (Destinies of the Soul) ini memiliki sampul terbuat dari kulit seorang pasien wanita dengan gangguan jiwa yang meninggal karena stroke.

Buku dari kulit manusia (Harvard University)

Pada pertengahan tahun 1880-an, penulis Arsene Houssaye memberikan buku Destines of the Soul pada temannya bernama Dr. Ludovic Bouland. Menurut laporan BBC, Bouland lah yang diduga telah melakukan penjilidan tidak biasa pada buku tersebut.  

Di dalam buku terdapat catatan yang menegaskan bahwa sampul Destines of the Soul benar-benar disulam menggunakan sepotong kulit bagian punggung seorang wanita, begini isinya: 

“Buku ini dijilid dengan kulit manusia yang telah dijamin keasliannya. Dengan melihat seksama, kamu dapat membedakan pori-pori kulitnya. Sebuah buku tentang jiwa manusia pantas memiliki sampul manusia: Saya telah mengambil sepotong kulit manusia dari punggung seorang wanita.”

Pada abad-19, buku berjilid kulit manusia yang dikenal sebagai bibliopegy antropodermik memang telah menjadi subjek menarik meski praktik ini telah dilakukan sejak dulu, tepatnya pada abad ke-15 sebagai bagian dari cara mengenang orang meninggal. 

Adapun pihak Harvard, sebenarnya sudah dari dulu mengetahui fakta bahwa jilid buku Destines of the Soul terbuat dari kulit manusia. Namun mereka baru mengkonfirmasi keasliannya pada tahun 2014. Untuk memastikan jilid adalah kulit manusia, peneliti Harvard menganalisis peptida dalam sampel guna mengidentifikasi protein.  

Sampel kemudian dianalisis lebih lanjut untuk melihat bagaimana peptida terbentuk. Hasil menunjukkan bahwa sampul buku memang terbuat dari kulit manusia. “Data analitis dari Des destinees de l’ame menunjukkan bahwa sampul buku tidak mungkin dibuat dari kulit selain manusia,” kata Bill Lane, direktur Mass Spectrometry and Proteomics Resource Laboratory di Harvard University, seperti dikutip The Verge. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"