Kenalan dengan Hantu Sadikem, Penunggu Jembatan Jiwan Madiun

Kenalan dengan Hantu Sadikem, Penunggu Jembatan Jiwan Madiun

Jiwan adalah salah satu nama jembatan di Madiun, Jawa Timur. Jembatan Jiwan disebut sebagai salah satu jembatan angker di Jawa Timur karena dihuni sosok gaib bernama Sadikem. Hantu Sadikem adalah wanita yang meninggal dunia setelah beberapa hari menikah. Arwahnya pun mendiami jembatan itu.

Melansir dari beberapa sumber diketahui bahwa zaman dulu masyarakat Jawa percaya pengantin yang baru menikah dilarang keluar rumah selama 35 hari. Namun Sadikem memutuskan untuk memberanikan diri keluar rumah untuk mencuci pakaian di pinggir sungai dekat Jembatan Jiwan.

Nah saat sedang mencuci pakaian tiba-tiba air sungai meluap dan terjadi banjir. Sadikem yang sedang mencuci tidak bisa menyelamatkan diri dan akhirnya tenggelam. Sampai sekarang konon jasad Sadikem tidak ditemukan. 

Hantu Sadikem (Kumparan)

Ada yang percaya jika Sadikem bukan nama asli dari wanita itu. Sadikem dalam bahasa Jawa memiliki arti tenggelam. Saat menampakkan diri, hantu Sadikem mengenakan pakaian hijau dengan rambut panjang tergerai dan terpasang bunga kamboja di telinganya.

Sadikem disebut suka mengganggu pengguna jalan yang melintas di jembatan pada malam hari. Biasanya para laki-laki banyak yang diganggu dengan diberhentikan `di pinggir jalan saat sedang mengendarai motor. Sadikem seperti mencari keberadaan suaminya. 

Gangguan yang dilakukan Sadikem dikabarkan suka menyebabkan kecelakaan. Banyak pengguna jalan yang melintas malam hari suka melihat wanita menyebrang mendadak sehingga pengendara mobil atau bus kaget dan akhirnya banting stir. Pernah ada kejadian bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang kecelakaan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"