5 Fakta Si Manis Jembatan Ancol, Urban Legend dari Jakarta

5 Fakta Si Manis Jembatan Ancol, Urban Legend dari Jakarta

Si Manis Jembatan Ancol merupakan urban legend dari Jakarta. Sosoknya sebagai hantu kabarnya tidak menyeramkan namun memiliki penampilan yang cantik. Lalu seperti apa fakta-fakta tentang hantu Si Manis Jembatan Ancol?

Sosok Asli Si Manis Jembatan Ancol

Banyak orang yang percaya jika nama asli Si Manis Jembatan Ancol adalah Mariam. Tetapi ada versi lain yang menyebut wanita bernama Ariah adalah hantu Si Manis Jembatan Ancol yang sebenarnya. Budayawan Betawi bernama Ridwan Saidi pernah mengungkapkan pada tahun 1817 adaseorang gadis yatim bernama Siti Ariah. 

Ariah hidup bersama ibunya yang bernama Mak Emper. Ariah dan ibunya tinggal di sebuah paviliun milik juragan kaya keturunan Tionghoa bernama Oey. Oey tak hanya kaya raya melainkan juga playboy. Oey ingin menikahi Ariah namun Ariah menolaknya.

Lantaran menolak menjadi istri Oei, Ariah diduga dibunuh di Bendungan Dempet yang lokasinya dekat dengan Danau Sunter. Jenazahnya dibuang sekitar 400 meter dari Jembatan Ancol. Kabarnya Ariah menjadi hantu gentayangan yang sering menampakkan diri di atas Jembatan Ancol.

Fakta Si Manis Jembatan Ancol (Mataln News)

Ciri-ciri Ariah

Hantu Si Manis Jembatan Ancol atau Ariah dulunya memiliki penampilan dan wajah cantik. Menurut banyak sumber, Ariah adalah gadis muda yang sederhana, berkulit sawo matang,, dengan tinggi sekitar 160 cm. Saat jenazahnya ditemukan, Ariah memakai kebaya warna hitam.

Kamar Khusus 

Cerita Nyi Roro Kidul dan Si Manis Jembatan Ancol memiliki kemiripan. Nyi Roro Kidul memiliki kamar yang disiapkan untuknya di sebuah hotel di Pelabuhan Ratu, Jawa Barat. Sementara Si Manis Jembatan Ancol juga disiapkan kamar khusus di sebuah hotel di kawasan dekat Ancol.

Kabarnya pada malam-malam tertentu, Si Manis Jembatan Ancol suka menampakan diri di kamar tersebut. Manajemen hotel tersebut memang sengaja menyediakan sebuah kamar khusus yang tidak bisa digunakan tamu karena untuk Si Manis Jembatan Ancol.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"