Ini Alasan Kenapa Sumur di Rumah Tidak Boleh Ditutup, Terkait Makhluk Halus

Ini Alasan Kenapa Sumur di Rumah Tidak Boleh Ditutup, Terkait Makhluk Halus

Meskipun sudah memasuki zaman modern, masih banyak rumah yang memiliki sumur  di bagian belakang dekat kamar mandi atau dapur. Sumur dijadikan sumber mata air bagi penghuni rumah tersebut. Tapi banyak juga yang percaya jika sumur juga menjadi salah satu tempat favorit para makhluk halus untuk bersemayam.

Hal itu diungkapkan oleh Hari Kurniawan atau Om Hao dilansir dari channel Kisah Tanah Jawa. Pakar Retrokognisi mengatakan sumur adalah sumber penghidupan. “Jadi sumur sampai kapan pun tidak bisa ditutup meski ditinggalkan penghuni rumah, atau rumah itu diratakan tanah, sumur tetap harus jadi sumur,” ungkap Om Hao.

Menurut penglihatannya memang banyak sosok gaib yang memilih sumur sebagai tempat tinggal karena sumur tempatnya lembab, kotor, dan gelap karena berada di belakang rumah, bahkan kalau rumah-rumah di daerah banyak sumur yang terpisah dari rumah. “Biasanya sosok gaib yang tua memilih sumur,” katanya.

Ini Alasan Kenapa Sumur di Rumah Tidak Boleh Ditutup, Terkait Makhluk Halus (Sonora.id)

Om Hao menambahkan jika sumur ditutup atau diratakan dengan tanah bisa jadi sosok gaib yang menghuni sumur itu bisa marah karena tak terima tempat tinggalnya ditutup. Artinya sumber penghidupan sosok gaib itu akan terancam. “Jadi nggak hanya manusia, makhluk halus juga bergantung sengan sumur,” ujar Om Hao.

Memang jika diperhatikan sumur menjadi salah satu tempat di rumah yang memiliki daya magis. Belum lagi kadang ada sumur yang dijadikan tempat seseorang untuk bunuh diri. Selain itu banyak kasus-kasus kematian seseorang yang tiba-tiba terjatuh di sumur dan meninggal dunia.

Menutup sumur menurut kepercayaan kejawen juga bisa membuat pemilik rumah akan kehilangan rezeki dan akan jatuh miskin. Masyarakat Jawa memiliki filosofi yang dalam tentang sumur. Tidak hanya jadi sumber air, sumur juga dijadikan sumber rezeki bagi pemiliknya dan warga sekitar.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"