4 Cerita Sumur Keramat, Ada yang Jadi Saksi Sejarah di Indonesia

4 Cerita Sumur Keramat, Ada yang Jadi Saksi Sejarah di Indonesia

Perkembangan zaman membuat sumur jadi tempat yang jarang lagi dikunjungi orang-orang ketika mengambil air. Sumur dijadikan sumber mata air bagi penghuni rumah tersebut. Tapi banyak juga yang percaya jika sumur juga menjadi salah satu tempat favorit para makhluk halus untuk tinggal dan menjadi sumur keramat. Berikut ini ada beberapa cerita horor tentang sumur keramat.

Sumur di Makam Angker

Sumur di Jombang, Jawa Timur berada di area pemakaman Medeleg. Makam ini juga terkenal sebagai salah satu makam angker di Jombang. Sumur itu dulunya dibuat dari bata merah kuno yang disusun melingkar menyerupai dinding sumur. Diameter sumur sekitar 2 meter dan cukup dalam.

Karena dikeramatkan membuat sumur ini suka didatangi banyak orang yang akan melakukan ritual dan permintaan khusus sejak tahun 1960-an. Di dekat sumur keramat itu juga ada makam Mbah Tirto salah satu sesepuh di desa setempat.

Sumur Keramat (Tribun Jateng)

Sumur di Kantor Polisi

Jika sumur banyak terdapat di rumah atau tanah lapang, namun berbeda dengan sumur yang ada di kantor polisi tepatnya di Polsek Berbah Sleman, Yogyakarta. Terdapat sebuah sumur tua yang disebut menyimpan kisah misteri, Konon di sumur itu terdapat sosok hantu noni Belanda yang suka menampakkan diri. 

Bangunan kantor polisi itu memang sudah cukup lama dan masuk dalam kategori bangunan tua dan cagar budaya. sumur tua di kantor polisi itu seakan menjadi pusat dari kengerian di bangunan itu. Sumur tua letaknya di samping ruangan penyidik. Meski terkenal menakutkan namun sumur tua itu belum ditutup sampai sekarang dan masih dipergunakan untuk sumber air. Sumur tua itu sudah kotor dan usang. 

Sumur Lubang Buaya

Sumur Lubang Buaya ada di Jakarta Timur. Sudah jelas jika sumur tua ini dulunya jadi saksi kekejaman PKI yang menculik, menyiksa, dan membunuh para jenderal TNI Angkatan Darat di tahun 1965. Jenazah para korban dimasukkan ke dalam sumur dan ditutup dengan pohon pisang.

Beberapa hari kemudian, sumur itu ditemukan dan dibongkar, sampai ditemukan semua korban kekejaman PKI. Kabarnya sumur tersebut kini masih menyimpan cerita mistis. Mulai dari sayup-sayup suara terdengar dari dalam sumur hingga penampakan hantu tentara sedang berbaris. Setiap 1 Oktober sumur yang ada di dalam Museum Pancasila Sakti selalu ramai didatangi orang untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"