Deretan Fakta Unik Makam di Arab Saudi

Deretan Fakta Unik Makam di Arab Saudi

Makam di Arab Saudi memiliki keunikkan dibanding makam-makam di negara lain. Sebagai negara yang memiliki penduduk kaya dan makmur, namun justru makam orang-orang Arab Saudi terkesan sederhana dan tidak mewah. Berikut beberapa fakta unik tentang makam di Arab Saudi.

Dibongkar 4 Tahun Sekali

Keunikkan pertama tentang makam di Arab Saudi seperti adanya kontrak di makam. Setiap makam maksimal 4 tahun digunakan untuk menguburkan jenazah. Setelah makam itu berusia 4 tahun maka makam akan dibongkar. Belum diketahui setelah makam dibongkar, tulang belulang jenazah dipindahkan ke tempat apa.

Tentu berbeda dengan makam di Indonesia yang bisa berusia jangka waktu lama. Memang ada makam di Indonesia yang diperbolehkan untuk dibongkar, biasanya karena alasan-alasan khusus seperti makam dipindahkan sehingga jenazah harus dikeluarkan. 

Makam di Arab Saudi (Detikcom)

Makam Sederhana

Makam di Arab Saudi memang sederhana. Biasanya makam hanya dalam bentuk batu saja. Tidak ada nisan khusus yang mencantumkan nama jenazah yang dikuburkan. Bahkan untuk meletakan foto saja tidak ada di dalam makam.

Semua orang Arab Saudi dari keluarga kerajaan hingga rakyat biasa dimakamkan di makam yang sederhana itu. Sebut saja salah satu anggota kerajaan yakni Raja Abdullah yang meninggal pada 2015 lalu. Abdullah dimakamkan di pemakaman Al-Oud. Kuburan itu tidak ada nisan bertuliskan nama Raja Abdullah. Kemudian jasadnya ditimbun oleh tanah bercampur pasir dan kerikil.

Dulu  Makam Pakai Nisan

Jika makam di Arab Saudi sekarang hanya memakai batu saja sebagai pengganti nisan, ternyata dulu makam di Arab Saudi sebenarnya memiliki nisan. Namun pada tahun 1925 makam-makam dengan nisan dihancurkan sehingga tidak ada lagi makam dan batu nisan yang ada di makam. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"