Begini Kondisi Makam Mbah Moen di Arab Saudi, Dekat dengan Kuburan Istri Nabi Muhammad SAW

Begini Kondisi Makam Mbah Moen di Arab Saudi, Dekat dengan Kuburan Istri Nabi Muhammad SAW

KH.Maimoen Zubair atau disebut Mbah Moen  merupakan seorang ulama yang cukup terkenal di Indonesia. Mbah Moen meninggal dunia pada 6 Agustus 2019 silam saat sedang menunaikan ibadah haji di tanah suci. Hampir dua tahun pergi, seperti apa penampakan makam Mbah Moen di Arab Saudi?

Melansir dari channel YouTube Sahabat Salam, makam Mbah Moen berada di kawasan pemakaman Al Ma’la di Mekkah. Saat musim haji dan umrah, banyak jemaah dari seluruh dunia datang ke makam itu untuk berdoa dan berziarah. “Waktu ziarah dibuka dua kali dalam sehari, dari pagi habis salat subuh hingga jam 9 pagi, lanjut sore sampai menjelang maghrib,” kata pria dalam video itu.

Komplek pemakaman di tempat peristirahatan terakhir Mbah Moen cukup rapi. Seperti makam-makam di Arab Saudi, nisan di makam hanya dalam bentuk batu sebagai tanda. Di batu itu dituliskan nama jenazah yang dikuburkan, waktu meninggalnya, da nasal negara.

Begini Kondisi Makam Mbah Moen di Arab Saudi, Dekat dengan Kuburan Istri Nabi Muhammad SAW (YouTube Sahabat Salam)

Di pemakaman tersebut terdapat orang Indonesia yang memiliki tugas untuk menjaga makam. Sebab selain Mbah Moen, terdapat beberapa orang Indonesia yang dimakamkan di lokasi itu. Makanya pria bernama Muhammad Sye’la itu bertugas untuk menemani jemaah Indonesia yang ingin berziarah di makam Mbah Moen dan makam lainnya.

Hampir setiap hari ada saja jemaah haji dan umrah yang datang ke makam itu untuk berdoa. Sebab tak dipungkiri semasa hidup, Mbah Moen dikenal sebagai ulama besar yang kharismatik. Banyak pengikutnya saat melakukan umrah dan haji, pasti menyempatkan waktu datang ke makam Mbah Moen.

Uniknya makam Mbah Moen memiliki lokasi yang dekat dengan kuburan istri nabi Muhammad SAW, Siti Khadijah. Jaraknya bahkan sekitar 50 meter saja. Makanya banyak orang yang setelah berdoa di makam Mbah Moen, mereka berdoa di makam Siti Khadijah.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"