Sosok Ini Jadi PNS Pertama di Indonesia, Penasaran?

Sosok Ini Jadi PNS Pertama di Indonesia, Penasaran?

Pegawai Negeri Sipil atau PNS  menjadi profesi yang diinginkan banyak orang. Sebab menjadi seorang PNS membuat masa tua akan terjamin. Siapa sangka Sri Sultan Hamengkubuwono IX tercatat pernah menjadi PNS dan dia adalah PNS pertama di Indonesia lho.

Informasi tersebut pertama kali dibagikan oleh akun Twitter @humasjogja. Dalam postingan itu, akun resmi Humas Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta ini mencuit soal Sri Sultan jadi PNS pertama.

 “ Tahukan sedulur  bahwa Sri Sultan Hamengku Buwono IX adalah PNS pertama di Indonesia dengan NIP (Nomor Induk Pegawai) 010000001.,” tulis di postingan tersebut.

Kartu Kepegawaian Sri Sultan Hamengkubuwono IX Selaku PNS Pertama

Dalam cuitan itu juga terdapat kartu kepegawaian yang menunjukan hal tersebut.Ayah Sri Sultan Hamengkubuwono X ini menjadi PNS setelah diangkat oleh A.E.Manihuruk yang merupakan Kepala Badan Administrasi Kepegawaian Negara pada 1940.

Sri Sultan Hamengkubuwono IX memiliki nama asli Gusti Raden Mas Dorojatun. Dia menjadi raja Yogyakarta yang ke-9 selama 48 tahun, sejak 1940 hinga 1988. Ia juga pernah menjadi Wakil Presiden ke-2 Indonesia pada 1973-1978.

Sebelum jadi Wakil Presiden, jabatan Perdana Menteri juga pernah diemban olehnya pada 1950. Pernah jadi Wakil Presiden dan Perdana Menteri, ia juga dipercaya Presiden Soekarno menjadi Menteri Pertahanan hingga Menteri Kordinator Ekonomi, Keuangan dan Industri Indonesia. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"