TERPECAHKAN! 5 Alasan PNS Suka Rapat di Hotel, Ternyata Bukan Soal Hambur-hamburkan Uang

TERPECAHKAN! 5 Alasan PNS Suka Rapat di Hotel, Ternyata Bukan Soal Hambur-hamburkan Uang

Pegawai negeri sipil atau PNS memiliki kebiasaan suka rapat atau melakukan kegiatan di hotel. Mungkin PNS suka rapat di hotel terkadang dianggap sebagai kegiatan yang menghambur-hamburkan uang. Kalau bisa rapat di kantor kenapa harus di hotel? Ternyata ada beberapa alasan kenapa PNS suka rapat di hotel loh.

Meskipun di tahun 2014 lalu Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yakni Yuddy Chrisnandi pernah mengeluarkan keputusan bahwa PNS diharapkan tidak terlalu sering untuk melakukan kegiatan di luar kantor termasuk hotel. Namun pada tahun 2015 aturan tersebut sudah tidak berlaku lagi. Memang apa sih alasan PNS suka rapat di hotel?

Kapasitas Ruangan

Biasanya PNS yang suka rapat di hotel dalam jumlah yang banyak, sekitar ratusan pegawai. Maka memerlukan ruangan rapat dengan kapasitas yang besar dan luar. Bisa jadi ruang rapat di kantor tidak memadai sehingga membuat hotel dijadikan tempat untuk melakukan kegiatan seperti rapat.

Ruangan rapat di hotel juga membuat pegawai nyaman saat rapat karena terdapat fasilitas yang mungkin tidak ada di kantor, seperti sound system untuk pengeras suara, mikrofon dalam jumlah yang banyak, hingga layar proyektor berukuran besar, dan fasilitas penunjang lainnya.

5 Alasan PNS Suka Rapat di Hotel, Ternyata Bukan Soal Hambur-hamburkan Uang (Tempo.co)

Tidak Merepotkan Office Boy

Biasanya di setiap kantor memiliki office boy atau OB yang membantu mengurus keperluan di kantor termasuk pegawai. Jika rapat dengan peserta yang banyak tentu OB akan merasakan kewalahan. Hal berbeda jika rapat dilakukan di hotel. 

Sebab untuk urusan keperluan peserta rapat alias tamu hotel bisa diantisipasi oleh pegawai hotel atau bagian banquet. Mereka akan siap melayani keperluan tamu. Mau apa tinggal panggil dan menceritakan keperluan nya.

Masalah Konsumsi

Saat rapat berlangsung yang menjadi kebutuhan penting adalah makanan, mulai dari makanan ringan atau snack, hingga makanan besar. Jika rapat dilakukan di kantor akan menyulitkan karena ada pegawai yang ditunjuk untuk mengurus masalah konsumsi. 

Berbeda jika rapat di hotel karena pihak hotel akan menyiapkan konsumsi untuk peserta rapat. Rasa makanan di hotel tentu enak dan dijamin kebersihannya meskipun mungkin dari segi harga akan lebih mahal, tapi jadi lebih mudah bukan?



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"