Relawan Ganjar-Mahfud Sajajar Pentaskan Wayang Golek di Karawang, Ini Pesannya

Relawan Ganjar-Mahfud Sajajar Pentaskan Wayang Golek di Karawang, Ini Pesannya

Pagelaran budaya baru-baru ini digelar di Karawang pada Sabtu (11/11/2023). Acara bertajuk Pesta Rakyat Saba Desa Jaga Lembur 2023 digelar oleh Tim Relawan Ganjar Pranowo-Mahmud MD Sa-Jabar Jeung Ganjar (Sajajar) yang bekerja sama dengan Pospera Karawang. Acara ini menampilkan pergelaran Wayang Golek Giri Harja 3 yang dihadiri oleh seluruh lapisan masyarakat.

Acara pementasan wayang golek terbuka untuk umum dan bisa dihadiri siapapun dengan gratis. Tujuan utama penyelenggaraannya adalah untuk menanamkan nilai-nilai baik untuk warga setempat dan etnis Sunda pada umumnya. Adapun Wayang Golek Giri Harja 3 ini dibawakan oleh dalang dari Bandung, Ki Yogaswara Sunandar.

Pentas Wayang Golek di Karawang (Paragram)

Pagelaran wayang golek ini sendiri diadakan di lapangan sepak bola Demak, Desa Cikampek Pusaka, Kecamatan Cikampek, Karawang. Cuaca tampak sangat mendukung, sehingga penyelenggaraan acara berlangsung meriah dan membuat semua orang bersemangat. Adapun saat pertunjukan, Ki Yogaswara Sunandar sempat memberikan pesan kepada penonton.

“Mari kita bersama-sama menyaksikan pertunjukan wayang golek ini. Wayang ini merupakan gambaran bagaimana jika kita berbuat salah akan salah, dan bila berbuat baik tentu akan dapat hasil baik,” tutur Ki Yogaswara Sunandar sesaat sebelum memulai pementasan.

Pentas Wayang Golek di Karawang (Paragram)

Penyelenggaraan acara ini juga didukung oleh berbagai lapisan masyarakat. Risma, salah satu tokoh masyakat Karawang yang menghadiri pertunjukan wayang golek tersebut, mengucapkan terimakasih kepada Relawan Sajajar, yang  sudah meluangkan waktu dan usaha untuk melaksanakan pesta rakyat Saba Desa Jaga lembur.  Sementara Lili, tokoh masyarakat lain mengatakan, pergelaran wayang golek ini merupakan prosesi yang baik dari mulai gendingannya, sinden-sindennya, dalangnya yang luar biasa.

"Yang penting adalah wayang ini bayangan kehidupan. Wayang menggambarkan kehidupan manusia. Yang beruntung itu yang berbuat baik, seperti Mahabharata. Kebenaran itu akan menang dan ini harus bersama sama diambil hikmahnya dari pagelaran wayang golek," papar Lili.

Pentas Wayang Golek di Karawang (Paragram)

Sebelum pertunjukan wayang golek, terlebih dahulu ditampilkan Tari Jaipong oleh anak-anak Desa Cikampek Pusaka. Pagelaran pun berlangsung lancar dan membuka wawasan masyarakat, khususnya anak muda terkait pentingnya melestarikan budaya bangsa.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"