Mau Masak Apa Saat Idul Adha? Ini Tips Hilangkan Bau Prengus Daging Kambing

Mau Masak Apa Saat Idul Adha? Ini Tips Hilangkan Bau Prengus Daging Kambing

Idul Adha sebentar lagi nih, apakah sudah terbayang mau masak apa nanti? Masakan dengan olahan daging kambing menjadi salah satu makanan favorit yang selalu dikonsumsi bersama keluarga, seperti sate kambing, gulai kambing, hingga sop kambing.

Namun kadang ada orang yang tak suka makan daging kambing karena dianggap memiliki bau prengus yang kurang sedap dibandingkan daging sapi. Daging kambing diketahui memiliki zat feromon, terutama kambing jantan yang memiliki zat lebih banyak dibandingkan kambing betina.

Dilasir dari Kompas.com berdasarkan buku Olahan Spesial Sapi & Kambing karya Octaviyanti Sitompul, berikut beberapa tips untuk menghilangkan bau prengus pada daging kambing.

Ilustrasi Daging Kambing (Tirto.id)

1. Rendam dengan Jahe dan Kunyit

Daging kambing bisa direndam dengan air yang sudah dicampur dengan jahe dan kunyit. Jahe dan kunyit bisa mengurangi bau tidak sedap pada daging kambing. Selain bisa menghilangkan bau, jahe dan kunyit dipercaya bisa membuat daging lebih empuk.

2. Rebus dengan Cuka

Merebus daging kambing dengan cuka atau tebu dipercaya bisa hilangkan bau pada kambing. Masing-masing tebu sebanyak 200 gram untuk merebus 1 kilogram daging, sedangkan untuk cuka gunakan 50 gram saja. Kalau sudah direbus jangan lupa ditiriskan.

3. Lumuri Daging dengan Jeruk Nipis

Jeruk nipis bisa dijadikan alternatif pengusir bau daging kambing. Setelah dilumuri diamkan selama 30-60 menit saja. Dijamin bau prengus akan hilang.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"