Sudah Tahu Belum, Kalau Upil Punya Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Sudah Tahu Belum, Kalau Upil Punya Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Upil  ternyata memiliki manfaat bagi tubuh seseorang. Padahal selama ini upil yang berwarna hijau atau kuning, terkadang membuat seseorang jadi jijik setelah mengambil upil dari dalam lubang hidung.

Philip Chen seorang Profesor otolaringologi dan rinologi dari University of Texas sebagaimana dilansir dari Healt mengatakan bahwa upil hanyalah potongan lendir kering yang terperangkap di dalam hidung.

Sementara Cory Fisher dilansir dari Liputan6.com memaparkan jika upil bisa terbentuk karena udara melewati lubang hidung. Sekresi cairan alami tubuh terperangkap dalam bulu hidung dan udara yang melewati pernapasan hidung mengeringkannya.

Ilustrasi Orang Mengupil (Hello Sehat)

Profesor Chen menambahkan upil memiliki beberapa warna yan berbeda-beda mulai dari hijau, putih, atau kuning. Warna itu berubah karena adanya cerminan partikel aerosol yang mereka blokir. “ Warna kuning, coklat, hijau adalah normal dan jika terkena polusi udara atau asap warna upil jadi hitam,” tambah Profesor Chen.

Upil pada lubang hidung membantu menjaga mikroba menular seperti bakteri dan virus masuk ke saluran pernapasan yang bisa membuat tubuh sakit. Tubuh yang memproduksi upil adalah sesuatu normal. Upil melindungi dari berbagai kotoran dan benda asing yang terhirup saat bernapas.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"